Kesehatan

Bahaya Efek Samping Mengkonsumsi Kopi Instan Setiap Hari Bagi Kesehatan

fin.co.id - 29/01/2024, 17:56 WIB

Bahaya Efek Samping Mengkonsumsi Kopi Instan Setiap Hari Bagi Kesehatan

FIN.CO.ID - Kopi instan atau kopi sachet, menjadi pilihan mudah banyak orang yang ingin menikmati kopi, namun tidak sulit saat menyajikannya.

Kopi instan banyak dikonsumsi orang sehari-hari, lantaran kopi instan lebih cepat, lebih murah, dan lebih mudah dibuat daripada kopi hitam bubuk atau kopi tubruk.

Untuk membuat secangkir kopi instan, cukup menuangkan bubuk kopi dari sachet ke dalam segelas cangkir, lalu ditambahkan dengan air panas.

Namun taukah kamu, bahwa kopi instan juga memiliki beberapa kekurangan dan efek samping bagi kesehatan, apabila dikonsumsi hampir setiap hari.

Berikut dibawah ini, beberapa efek samping bagi kesehatan tubuh, apabila kamu sering mengkonsumsi kopi instan atau kopi sachet hampir setiap hari.

BACA JUGA :

1. Menaikan Berat Badan Kopi Instan

Kopi instan dalam hal ini kopi sachet, dikemas dengan berbagai bahan tambahan, seperti gula, lemak, dan bahan lainnya untuk membuat produk kopi instan. 

Gula tambahan tidak memiliki vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, sedangkan kalori tambahan, dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan," 

2. Membuat Kecanduan Kopi

Kopi instan mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi biasa, secangkir kopi instan mengandung kurang lebih 60-85 miligram kafein per sajian.

Sedangkan kopi biasa yang diseduh mengandung 75 hingga 165 miligram per sajian, menurut International Food Information Council Foundation.

BACA JUGA :

Karena lebih mudah disajikan, kopi instan mempunyai potensi untuk diminum lebih banyak dibandingkan kopi biasa yang diproses lebih rumit.

3. Risiko Penyakit Jantung

Tuahta Aldo
Penulis
-->