Otomotif

Apa Itu Porting Motor? Kenali Manfaat dan Resikonya

fin.co.id - 17/01/2024, 08:40 WIB

Tampilan porting motor

fin.co.id - Bagi pengendara motor harus mengetahui manfaat dan kegunaan dari porting motor.

Porting motor atau istilah lainnya porting polish banyak digunakan untuk meningkatkan performa motor lebih cepat. Biasanya hal ini diterapkan untuk kebutuhan balap motor.

Proses porting ini dapat dilakukan dengan memperbesar, memperpanjang, atau meratakan saluran udara dan gas buang.  Hal ini untuk meningkatkan aliran udara dan bahan bakar ke dalam ruang bakar serta memperbaiki pembuangan gas buang, sehingga dapat meningkatkan tenaga mesin.

Berikut ini akan membagikan manfaat dan kegunaan porting polish terhadap motor yang dilansir dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

Porting Motor

Porting motor merupakan modifikasi yang dilakukan pada pusat operasional motor terhadap motor.

Para mekanik di bengkel akan meningkatkan performa motor dengan cara menghaluskan lubang inlet bahan bakar sehingga pasokan bahan bakar ke ruang mesin lancar.

Proses ini tidak mengubah ukuran piston atau bore-up, melainkan menghaluskan lubang inlet agar lebih lega untuk lewat bahan bakar.

Namun karena letak saluran bahan bakar tersembunyi di dekat mesin dan mesin merupakan komponen vital motor, maka modifikasi ini harus dilakukan oleh mekanik di bengkel. 

BACA JUGA:

Manfaat Porting Motor

Ada beberapa manfaat dari porting motor, seperti halnya menghasilkan tenaga mesin, namun membutuhkan bahan bakar.

Semakin banyak bahan bakar yang masuk, diharapkan tenaga yang dihasilkan juga semakin besar. Untuk masuk ke ruang bakar, bahan bakar harus melewati saluran bakar. Dengan dipoles atau dihaluskan, yang berarti dinding saluran menipis, diharapkan kapasitas saluran ini membesar.

Perlu diingat jika proses porting motor harus dilakukan oleh mekanik yang handal. Jika bukan mekanik yang tepat dapat beberapa resiko.

Ari Nur Cahyo
Penulis