News

Perludem Kritik Format Debat: Suporter di Belakang Calon dan Panelis yang Cuma Buat Pertanyaan

fin.co.id - 25/12/2023, 15:39 WIB

Jadwal Debat Cawapres Putaran Kedua

fin.co.id -Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengkritisi format debat Pilpres 2024 yang masih menempatkan simpatisan dan pendukung berada di belakang pasangan calon (paslon) yang berdebat.

"Catatan debat yang lalu masih soal formatnya yang masih ada suporter di belakang cawapres yang berdebat," kata Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Agustyati saat dihubungi di Jakarta, Senin 25 Desember 2023.

Kritik dan catatan itu disampaikan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat Pilpres 2024 kedua di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12).

Menurut Khoirunnisa, keberadaan pendukung dengan jumlah yang banyak justru membuat suasana di lokasi debat menjadi riuh dan seolah-olah dijadikan sebagai ajang pamer kekuatan masing-masing paslon.

BACA JUGA: 3 Polling Netizen di Media Sosial X Pascadebat: Prabowo-Gibran Keok, Anies dan Ganjar Bersaing

"Suporter yang banyak malah membuat jadi riuh dan antarsuporter jadi semacam show off force kekuatan masing-masing," kata dia.

Khoirunnisa mengutarakan, keberadaan para pendukung dengan jumlah yang banyak juga membuat fokus masyarakat terhadap para calon menjadi teralihkan.

Catatan lain yang turut disoroti Perludem terkait dengan keberadaan panelis yang hanya membuat pertanyaan untuk pasangan calon, tetapi tidak mendalami gagasan yang disampaikan.

Padahal, kata dia, penyelenggaraan debat menjadi momentum yang baik bagi masyarakat untuk lebih mendalami gagasan, visi dan misi, serta kebijakan pasangan calon.

"Lalu, soal panelis yang hanya membuat pertanyaan saja, tetapi tidak mendalami gagasan dari cawapres," ujarnya.

BACA JUGA: Roy Suryo Persoalkan Mikrofon Debat Gibran, Ganjar Pranowo Ikut Buka Suara

Sebelumnya, etua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang dakwah, KH Cholil Nafis menyoroti keberadaan panelis dalam debat capres cawapres yang sudah dua kali digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Pada Jumat 22 Desember kemarin misalnya, ada 11 panelis yang hadir dalam debat calon wakil presiden (cawapres).

11 panelis ini merupakan para pakar ekonomi dari beberapa Universitas ternama. Namun, mereka tidak berperan aktif saat debat berlangsung. 

"Mikir-mikir aja, sudah dua kali debat capres cawapres, diundang orang-orang pintar, tugasnya cuma ngambil nomer," ujar Kiyai Nafis dilansir dari akun Instagram-nya, Minggu 24 Desember 2023.

Khanif Lutfi
Penulis
-->