Kesehatan

Merebak Kasus Mycoplasma Pneumonia, Ini 3 Cara Sederhana Pencegahannya

fin.co.id - 08/12/2023, 14:14 WIB

Ilustrasi penyakit pneumonia radang paru

FIN.CO.ID  - Kasus Pneumonia misterius yang merebak di China telah masuk Indonesia. Penyakit Pneumonia yang disebabkan bakteri mycoplasma dapat menyebabkan radang paru paru.

Terkait penyebaran Pneumonia, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memberikan cara sederhana dalam mencegah bakteri mycoplasma yang bisa menyebabkan radang paru (pneumonia) pada anak.

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta Ngabila Salama menyebut ada tiga cara sederhana yang bisa digunakan mencegah masuknya bakteri mycoplasma.

"Salah satunya dengan kembali menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah," katanya, Jumat, 8 Desember 2023.

Kedua, melakukan imunisasi rutin lengkap pada anak. Serta yang ketiga, jika sudah terlanjur sakit maka pengobatan dapat menggunakan antibiotik  yang diberikan secara bijak.

BACA JUGA:

Terkait imunisasi, Ngabila menyebut total ada 15 imunisasi gratis yang disediakan oleh pemerintah serta vaksin influenza berbayar mandiri untuk usia enam bulan ke atas terutama kelompok rentan yakni balita, lansia, ibu menyusui, ibu hamil, dan tenaga kesehatan.

Untuk antibiotik, Ngabila meminta agar masyarakat memperhatikan antibiotik yang dikonsumsi atas resep dokter, karena bakteri ini juga rentan terhadap orang dengan resistensi antibiotik yang justru bisa menyulitkan penyembuhan.

Selain itu, untuk mencegah keparahan penyakit radang paru, Ngabila menyarankan masyarakat perlu melakukan deteksi dini melalui pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat sehingga apabila terdeteksi terkena penyakit ini bisa segera dilakukan pengobatan.

"Jika ada indikasi pemeriksaan jenis kuman oleh dokter akan dilakukan PCR multipleks untuk mendeteksi beberapa jenis virus dan bakteri termasuk mycoplasma agar terapi lebih spesifik sesuai jenis kuman penyebab," ujar Ngabila.

Lebih lanjut, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengimbau warga untuk tetap waspada dan tidak panik terhadap pneumonia bakteri mycoplasma. Bakteri penyebab infeksi saluran napas yang cukup sering ditemukan sejak lama ini bukan sesuatu yang baru.

BACA JUGA:

Penularan pneumonia ini umumnya melalui percikan dahak dan batuk (droplet) atau bisa juga kontak jarak yang cukup erat dan lama.

Ngabila mengungkapkan masa inkubasi atau dari terpapar bakteri sampai muncul gejala pertama kali berkisar 1-4 minggu, paling sering 2-3 minggu.

"Dari muncul gejala pertama sampai bisa berpotensi sesak napas atau memburuk sekitar 3-7 hari," ungkap Ngabila.

Gatot Wahyu
Penulis
-->