News

Ibu Muda di Bekasi yang Dibunuh Suami Ternyata Cabut Laporan KDRT dengan Alasan Anak

fin.co.id - 15/09/2023, 06:40 WIB

Rumah kontrakan tempat suami bunuh istri di Bekasi

Ibu muda berinisial M (24) di Bekasi yang tewas dibunuh suami, ternyata pernah membuat lapor ke Polisi soal KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) yang dilakukan suaminya. 

Namun dalam perjalanan proses kasus itu, M mencabut laporan tersebut dengan alasan anak setelah rujuk dengan suaminya. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Eni Widiyanti selaku Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dalam Rumah Tangga dan Rentan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

Widiyanti mengungkapkan hal tersebut sekaligus membantah pihak yang menyebut laporan KDRT yang dibuat korban tidak diproses Polisi. 

BACA JUGA:

"Istri yang meninggal pernah melaporkan tindakan KDRT ke polisi pada Agustus (2023), namun prosesnya dihentikan, karena laporan tersebut telah dicabut kembali oleh yang bersangkutan dengan alasan anak-anak," katanya, Kamis 14 September 2023.

Eni Widiyanti mengatakan, pencabutan laporan oleh korban KDRT memang sering menjadi penghambat kasusnya untuk diproses lebih lanjut

Hal ini karena dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga mengatur bahwa tindak pidana kekerasan fisik, psikis, dan seksual merupakan delik aduan.

"Sehingga ketika korban mencabut laporannya, kasus itu jadi berhenti, tidak diproses lebih lanjut." kata Eni Widiyanti.

BACA JUGA:

Sebelumnya, seorang suami berinisial N (25) tega membunuh istrinya, M (24), di rumah kontrakan mereka di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Tragisnya, peristiwa pembunuhan itu diduga disaksikan kedua anak mereka yang masih balita.

Pembunuhan yang terjadi pada Kamis (7/9) malam itu, diduga diawali dengan pertengkaran pelaku dan korban soal ekonomi.

Usai menghabisi nyawa sang istri, N kemudian menitipkan kedua anaknya ke ibu mertuanya. Selanjutnya N pergi ke rumah orang tuanya, dan menyerahkan diri ke Polsek Cikarang Barat.

Peristiwa pembunuhan ini, baru diketahui saat ibu korban datang ke rumah kontrakan pada Sabtu (9/9) dini hari dan melihat anaknya terbaring di kasur dalam keadaan tak bernyawa.

Admin
Penulis
-->