Otomotif

Tips Beli Mobil Bekas Biar Gak Menyesal, Nomor 6 Paling Penting!

fin.co.id - 14/05/2023, 20:55 WIB

Rekomendasi tempat jual mobil bekas di Jakarta

Tips Beli Mobil Bekas - Mendapatkan mobil bekas dengan kondisi baik namun harganya miring adalah keinginan banyak orang. Namun, untuk memastikan hal itu, ada hal yang harus kamu lakukan. 

Artikel ini akan memberitahukan kepada kamu, tips beli mobil bekas dengan harga terjangkau, namun kualitas tak terabaikan. 

Beli mobil bekas bisa dilakukan kepada pemilik mobil langsung, maupun di dealer mobil bekas. Kamu tetap harus berhati-hati dan memastikan 7 hal berikut terpenuhi, agar kamu tak menyesal dikemudian hari. 

Maka itu, perlu ketelitian dan kehati-hatian saat membeli mobil bekas. Bagi pemula yang ingin membeli mobil bekas, ada beberapa tips yang akan dibagikan. 

BACA JUGA:

Berikut 7 tips membeli mobil bekas murah dan berkualitas terbaik: 

1. Menyesuaikan Bujet dengan Mobil yang Akan Dibeli

Salah satu alasan terkuat seseorang membeli mobil bekas adalah keterbatasan bujet yang dimiliki. Mobil bekas yang sudah mengalami penyusutan nilai barang dapat menjadi solusi. Maka itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui daftar harga mobil yang ingin dibeli. 

Hal itu dilakukan untuk mengetahui dan mencocokkan range harga mobil bekas dan bujet yang dimiliki. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kemampuan finansial. Sesudah itu, tentukan skema pembayarannya.

Baik membeli secara tunai maupun kredit, kamu harus menentukan skema pembayaran yang tidak memberatkan dan mengganggu kondisi keuangannya di masa yang akan datang. 

2. Perhatikan si Penjual Mobil Bekas

Sebagai pembeli, tentunya tidak menginginkan hal buruk terjadi. Oleh karena itu, pembeli perlu mencermati berbagai aspek yang berkaitan dengan transaksi, salah satunya latar belakang penjual. Penjual mobil bekas dapat berupa perorangan maupun lembaga. 

BACA JUGA:

Sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya cermati penjual dengan melakukan riset mengenai profil dan riwayat transaksi penjual. Apabila pembeli ingin membelinya di sebuah leasing, pelajari lebih jauh mengenai kondisi leasing tersebut. 

Mencermati riwayat penjual mobil bekas juga dapat membantu kamu untuk mengetahui kebiasaan penggunaan mobil bekas yang akan dibeli dalam kesehariannya. Mengetahui hal itu, kamu akan jauh lebih percaya diri dalam mengambil keputusan pembelian mobil bekas tersebut. 

3. Periksa Kondisi Eksterior dan Interior Mobil

Penting sekali untuk memeriksa kondisi dan kelengkapan seluruh komponen mobil. Periksa kelengkapan dan keberfungsian setiap komponennya. Pastikan setiap komponennya lengkap dan dapat berfungsi dengan baik.

Pada saat pengecekan kondisi eksterior dan interior mobil bekas ini, berkomunikasilah dengan penjual. Dapatkan berbagai feedback dari penjual agar lebih tenang dalam membeli mobil bekas yang diinginkan. Adapun bagian eksterior dan interior yang perlu diperiksa.

BACA JUGA:

Admin
Penulis