Ongkos Kirim Dituding Jadi Penyebab Harga Cabai Mahal, Pengusaha Truk: Ya Gimana Tarif Tol Naik Solar Langka

Ongkos Kirim Dituding Jadi Penyebab Harga Cabai Mahal, Pengusaha Truk: Ya Gimana Tarif Tol Naik Solar Langka

Pekerja menurunkan cabai dari dalam truk-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

 

BEKASI, FIN.CO.ID - Kenaikan harga jual cabai rawit di Pasar Kota Bekasi dari sebelumnya Rp 70 ribu/kg menjadi Rp 100 ribu/kg dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya dari sisi biaya  pengiriman cabai dari wilayah pemasok ke Kota Bekasi.

Saat dikonfirmasi oleh Fin.co.id, salah satu pengusaha truk canter Reza (21) membenarkan bahwa ada kenaikan ongkos pengiriman cabai dan kebutuhan pokok dari petani di Jawa Tengah ke Kota Bekasi maupun  sekitarnya.

(BACA JUGA:Harga Cabai Rawit Merah di Bekasi Tembus Rp100 Ribu/Kg, Katanya Gara-gara Ini)

"Kalau biaya pengiriman naik sih saya akui iya benar, saya juga mayoritas memang banyak yang naikiin tarif juga tapi gak banyak kok nominal kenaikannya," ucap Reza menjawab pertanyaan Fin.co.id di Bekasi  Kamis 9 Juni 2022.

Reza menjelaskan bahwa kenaikan harga pengiriman bahan pokok salah satunya cabai, juga dipengaruhi oleh kenaikan biaya oprasional selama di perjalananan.

"Ya gimana kita naikin harga juga karena Imbas solar nyarinya masih agak susah, sama sekarang banyak pom yang masih mainan solar," ungkapnya.

Tidak hanya solar yang menjadi pengaruh utama kenaikan biaya pengiriman cabai, kenaikan tarif tol juga sangat berpengaruh untuk perputaran uang selama perjalanan.

(BACA JUGA:Viral Konvoi di Jalan Raya Sambil Bagi Brosur, Khilafatul Muslimin Bekasi Raya: Itu Cara Kami Bersosialisi)

"Sama tarif tol beberapa ruas ada kenaikan juga, jadi sangunya (Uang Jalan) juga nyesuain keadaan lapangan dan pengaruh juga sama tarif kita untuk pengiriman," ungkapnya. 

Namun demikian menurut Reza, saat ini di wilayah pemasok khususnya Jawa Tengah memang sedang tidak musim panen cabai. Hal itu juga salah satu faktor yang membuat belakangan ini muatan cabai yang akan dikirim ke Kota Bekasi dan sekitarnya hanya sedikit.

"Sama ini juga bukan musim cabai juga, Emang stok dari gudang gak banyak," tuturnya.

Diketahui belakangan harga cabai di Kota Bekasi mengalami kenaikan, berikut daftar harga cabai di pasar Kota Bekasi :

(BACA JUGA:Tertunduk Lesu Mengenakan Baju Tahanan, Begini Pengakuan MR Pimpinan Begal Sadis Di Bekasi)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: