Harga Cabai Rawit Merah di Bekasi Tembus Rp100 Ribu/Kg, Katanya Gara-gara Ini

Harga Cabai Rawit Merah di Bekasi Tembus Rp100 Ribu/Kg, Katanya Gara-gara Ini

Ilustrasi - Pedagang cabai di Pasar baru Kota Bekasi-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

BEKASI, FIN.CO.ID - Harga jual cabai rawit merah di Kota Bekasi saat ini dilaporkan mencapai Rp100 ribu/kg. Padahal sebelumnya, harga cabai rawit merah berada di angka Rp 70 ribu/kg saja.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi Tedi Hafni Tresnadi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kenaikan harga cabai di pasaran. Salah satu yang menjadi penyebab utama adalah tingginya biaya pengiriman.

(BACA JUGA:Viral Konvoi di Jalan Raya Sambil Bagi Brosur, Khilafatul Muslimin Bekasi Raya: Itu Cara Kami Bersosialisi)

“Ongkos angkut barang yang naik juga turut berpengaruh. Sehingga pasokan dari produsen ke pasar berkurang,” ucap Tedi Hafni Tresnadi kepada awak media, Kamis 9 Juni 2022.

Tidak hanya faktor pengiriman cabai dari luar kota saja, penyebab lain dari tingginya harga cabai rawit merah tersebut adalah cuaca di wilayah pemasok yang juga mempengaruhi hasil produksi cabai.

“Cuaca juga berpengaruh sehingga harga turunan jenis jenis cabai juga turut berpengaruh, begitu juga menyebabkan produksi berkurang karena kegagalan panen,” ungkapnya

Kondisi harga cabai di pasaran saat ini memang cukup memberatkan masyarakat Kota Bekasi, oleh sebab itu Tedi Hafni berharap agar cuaca dan biaya pengiriman bahan dari wilayah pemasok bisa kembali normal.

(BACA JUGA:Menko Airlangga Ungkap Peran Penting Pengusaha Nahdliyin Sebagai Motor Penggerak Perekonomian)

Harapan tersebut ia sampaikan dikarenakan cabai termasuk salah satu bahan pokok penting bagi masyarakat, dengan normalnya cuaca dan biaya pengiriman dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kita berharap cuaca hujan segera normal kembali. Sehingga pasokan dari produsen kembali normal, dan kebutuhan bisa dipenuhi,” tuturnya. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: