Bupati Zaki Dorong Bangun Embarkasi Tangerang, Alasannya Biar Gak Ribet

Bupati Zaki Dorong Bangun Embarkasi Tangerang, Alasannya Biar Gak Ribet

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat melepas rombongan calon haji di Masjid Agung Al Ahmad Tigaraksa-Rikhi Ferdian-FIN.co.id

TANGERANG, FIN.CO.ID - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mendorong Pemerintah Provinsi Banten dapat membangun asrama haji Embarkasi Tangerang.

 

Keberadaan embarkasi Tangerang sangat dibutuhkan agar tak membuat ribet calon jemaah haji.

 

Saat ini para calon jemaah haji Tangerang maupun daerah lain di provinsi Banten, terkesan bolak-balik saat hendak berangkat ke Tanah Suci.

 

(BACA JUGA:Puluhan Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Tangerang Batal Berangkat, Begini Penjelasan Kemenag)

 

Mereka diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Soekarno-Hatta yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang.

 

Namun, para calon haji dari wilayah Banten harus berangkat dulu ke Bekasi atau Embarkasi Pondok Gede dan kemudian kembali lagi menuju Bandara Soekarno-Hatta.

 

"Tinggal kekurangan dari kita, Provinsi Banten, Kabupaten Tangerang itu asrama haji, padahal bandaranya ada di sini (Kabupaten Tangerang) mau berangkat harus ke Bekasi dulu lewat Soekarno-Hatta, terus balik lagi ke sini," kata Zaki saat melepas jamaah calon haji kloter 05 JKG, Senin 6 Juni 2022.

 

(BACA JUGA:389 Calon Haji Asal Kabupaten Tangerang Kloter 05 Diberangkatkan, Dilepas Bupati Dengan Penyerahan Bendera Mer)

 

Oleh karana itu, lanjutnya, pemerintah Provinsi Banten bersama Pemda Kabupaten Kota akan berusaha mempersiapkan Embarkasi khusus untuk warga provinsi Banten di Tangerang. 

 

Nantinya, Embarkasi ini juga bisa dijadikan sebagai asrama haji bagi warga dari provinsi lain yang berdekatan dengan wilayah Banten.

 

"Jadi biarkan nanti di Bekasi tetap ada (asrama haji) untuk melayani yang sebelah timur, dan nanti di sini (Tangerang) juga ada, ini yang saya harapkan jadi tidak bolak-balik dari Bekasi balik lagi ke Tangerang," ujarnya.

 

Sementara berdasarkan data dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang, total ada 869 calon haji yang dipastikan berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun 2022. 

 

Kuota jamaah haji yang diterima oleh wilayah Kabupaten Tangerang paling terbanyak jumlahnya dari kuota yang diterima Provinsi Banten sebanyak 4.291 orang. 

 

Para jamaah calon haji tersebut terbagi menjadi tiga kloter yaitu kloter 05 JKG sebanyak 389 orang yang berangkat pada 6 Juni 2022, kemudian kloter 18 JKG sebanyak 385 orang berangkat pada 13 Juni 2022. 

 

Serta kloter 25 JKG sebanyak 95 orang yang akan diberangkatkan pada 19 Juni 2022 mendatang secara gabungan bersama jamaah dari daerah lain.  Rikhi Ferdian

Sumber: