IHSG Berpeluang Lanjut Menguat, Simak Deretan Saham yang Direkomendasikan Analis Berikut

IHSG Berpeluang Lanjut Menguat, Simak Deretan Saham yang Direkomendasikan Analis Berikut

Ilustrasi pergerakan saham IHSG. FOTO: Pexels--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Senin 30 Mei 2022 kembali berpeluang untuk menguat, setelah akhir pekan lalu ditutup melambung 2,07 persen ke level 7.026.

"Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat saat ini IHSG berpotensi untuk bergerak menguat, dengan rentang transaksi di level 6.873-7.073," kata analis PT Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus, dalam riset harian untuk perdagangan hari ini.

(BACA JUGA:Hyundai Creta vs KIA Seltos: Perang Bintang Mobil Korsel, Siapa Lebih Unggul?)

(BACA JUGA:Nissan dan Mitsubishi Luncurkan Kei Car EV 'Kembar' Terbaru 'Penerus' i-MiEV, Bentuknya Imut Tapi Modern)

Dia mengatakan, potensi penguatan IHSG hari ini akan mengikuti potensi kenaikan yang akan terjadi di pasar obligasi. 

Pasar obligasi diperkirakan cukup mampu menghadapi kenaikan tingkat suku bunga Federal Reserve dan berpeluang menikmati penurunan imbal hasil obligasi 10 tahun sebesar 7 persen.

"Kami melihat potensi kenaikan tingkat suku bunga Amerika Serikat bulan depan juga masih sesuai dengan arahan The Fed sebanyak 50 basis poin, karena data-data perekonomian masih mendukung," ujar Nico Demus.

Dari dalam negeri, lanjut Nico Demus, pergerakan IHSG akan dibayangi sentimen terkait proyeksi kenaikan suku bunga Bank Indonesia (BI 7 day Reverse Repo Rate) sebesar 50 basis poin pada tahun ini menjadi 4 persen.

(BACA JUGA:Fakta: Konsumen LCGC Honda di Indonesia Mulai Beralih ke SUV, Berikut Hasil Kajiannya)

(BACA JUGA:Review Daihatsu Taft 2022 LCGC di Jepang, Bakal Masuk Indonesia Juga?)

"Sejumlah sektor tentunya akan diberatkan dengan kenaikan suku bunga acuan, termasuk properti, yang kenaikannya akan diikuti dengan lonjakan suku bunga kredit," ulasnya.

Nah pada perdagangan hari ini, Pilarmas Sekuritas merekomendasikan pelaku pasar untuk mencermati pergerakan harga saham TLKM, BBRI dan ELSA.

Perkiraan senada disampaikan analis PT Binaartha Sekuritas, Ivan Rosanova, yang mengatakan pergerakan IHSG awal pekan ini berpeluang untuk melanjutkan tren kenaikan.

"IHSG akan membuka peluang untuk bergerak menguat ke Fibonacci Retracement 85,4 persen dari Wave [x] di level 7.232 dan mengisi gap yang tertinggal pada fase downtrend kuat sebelumnya di sekitar 7.156-7.204," kata Ivan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: