Terkini

Pilihan


ICW Desak Dewas KPK Dalami Spanduk Dukung Firli Bahuri Jadi Capres, Khawatir Bakal...

ICW Desak Dewas KPK Dalami Spanduk Dukung Firli Bahuri Jadi Capres, Khawatir Bakal...

Spanduk dukungan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri untuk mencalonkan diri sebagai presiden.-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) menelusuri asal usul spanduk dukungan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres 2024.

"Menjamurnya spanduk atau baliho Ketua KPK mestinya menggerakkan Dewan Pengawas untuk menelusurinya lebih lanjut," kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana melalui keterangan tertulis, Minggu, 29 Mei 2022.

(BACA JUGA:Ketua KPK Dapat Dukungan Jadi Presiden, Firli: Sesungguhnya Sekali Lagi, Saya Ingin...)

Kurnia menilai, pendalaman pemasang spanduk itu diperlukan untuk mengetahui pihak yang memasangnya. Penelusuran dibutuhkan karena spanduk serupa sering bermunculan di sejumlah lokasi di Indonesia.

"Hal yang dikhawatirkan oleh masyarakat jika kemudian spanduk atau baliho tersebut memang dikondisikan untuk menarik atensi masyarakat demi kepentingan politik dengan mengatasnamakan lembaga KPK dan memanfaatkan jabatannya," ujar Kurnia.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan spanduk dukungan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri yang muncul di Banten bukan termasuk program lembaga antirasuah.

(BACA JUGA:Baliho Firli Bahuri Jabat Tangan Jokowi Muncul di Lampung Selatan, Ketua KPK: Saya Tidak Tahu)

"Pemasangan baliho tersebut, kami pastikan bukan program KPK," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat, 27 Mei 2022.

Ia menyatakan, sosialiasi dan kampanye yang dilakukan KPK berfokus pada membangun kesadaran masyarakat hingga mewujudkan budaya antikorupsi. 

Ia pun berharap isu politik yang mengemuka jelang pemilihan presiden dan wakil presiden pada 2024 tidak mengganggu fokus kerja KPK dalam memberantas korupsi.

(BACA JUGA:KPK Bantah Pasang Billboard Bergambar Mirip Firli Bahuri: Sudah Dicek ke Lokasi)

"Namun justru sebaliknya, pelaksanaan tugas KPK secara konkret bisa mendukung perwujudan politik yang berintegritas, bersih dari korupsi," ucapnya.

"KPK terus mengajak keterlibatan masyarakat, melalui perannya masing-masing, untuk berkolaborasi dan bahu-membahu dalam memberantas korupsi di negeri tercinta ini," sambung Ali.

Diketahui, spanduk dukungan supaya Firli maju di Pilpres 2024 terpasang di pelbagai titik wilayah keramaian di Banten.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: