Komodo Masuk Daftar Hewan Terancam Punah

Komodo Masuk Daftar Hewan Terancam Punah

×

JAKARTA - Komodo yang hanya ada di Taman Nasional Komodo dan Flores, Indonesia saat ini dinyatakan sebagai hewan yang terancam punah.

Perkembangan itu tercatat dalam Daftar Merah bagi Spesies yang Terancam yang diterbitkan oleh Serikat Internasional bagi Konservasi Alam (International Union for the Conservation of Nature/IUCN).

"Spesies itu "semakin terancam oleh dampak perubahan iklim." Naiknya permukaan laut diperkirakan akan menggerus habitat komodo hingga 30 persen dalam 45 tahun ke depan," tulis IUCN dalam catatan resminya, dikutip Senin (6/9/2021).

Direktur Konservasi pada Masyarakat Zoologi London, Andrew Terry mengatakan, kemungkinan hewan pra-sejarah ini satu langkah lebih dekat menuju kepunahan akibat perubahan iklim.

"Penurunan itu adalah seruan keras agar alam diprioritaskan dalam semua pengambilan keputusan," kata Terry dalam pembicaraan iklim PBB di Glasgow.

IUCN mencatat, sekitar 28 persen dari 138.000 spesies yang dipelajari pihaknya kini terancam punah selamanya karena dampak aktivitas manusia.

Pesan penting dari Kongres IUCN yang diadakan di Prancis adalah menghilangnya spesies dan kehancuran ekosistem merupakan ancaman yang sejalan dengan perubahan iklim.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: