Pengamat Sebut dari Sekian Capres Milenial, AHY dan Puan Lebih Berpeluang Diusung di Pemilu 2024

Pengamat Sebut dari Sekian Capres Milenial, AHY dan Puan Lebih Berpeluang Diusung di Pemilu 2024

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY (kiri) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (kanan).-demokratpekanbaru.or.id-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pengamat politik Jerry Massie menyoroti politik elektoral yang ada di Indonesia, seorang pemimpin hanya berdasarkan popularitas dan elektabilitas saja.

Popularitas lebih banyak berhubungan dengan dikenalnya seseorang, baik dalam arti positif, ataupun negatif. 

(BACA JUGA:Preman Tewas Ditusuk Pedagang Es Buah di Bekasi, Ternyata Terkenal Tukang Mabuk)

Sementara elektabilitas berarti kesediaan orang memilihnya untuk jabatan tertentu. 

Oleh sebab itu dalam konteks politik, elektabilitas dapat diartikan sebagai tingkat ketertarikan masyarakat umum terhadap figur politik, partai, atau lembaga politik. 

"Hal ini juga meliputi kemungkinan masyarakat untuk memilih partai politik tersebut maupun kandidat yang maju dalam pesta demokrasi,” tegas Jerry Massie, Rabu, 25 Mei 2022.

Direktur Eksekutif  Political and Publik Policy Studies (P3S) ini melanjutkan, para kandidat akan berlomba-lomba mempromosikan diri agar menjadi pemimpin yang populer dikenal oleh masyarakat luas.  

(BACA JUGA:Disandingkan dengan Ganjar Pranowo untuk 2024, Andika Perkasa Jawab Begini...)

Untuk mengenalkan kepada khalayak pemilih juga memerlukan media yang membutuhkan biaya. 

"Jika di USA jika ada kandidat potensial di suatu negara bagian maka ada penggalangan dana publik yang kredibiltasnya bisa dipertangungjawabkan untuk membiayai kader yang potensial namun tidak mempunyai dana untuk memperkenalkan diri kepada publik,” jelas Jerry.

Hal tersebut, kata Jerry, seharusnya bisa dilakukan di Indonesia dengan membentuk lembaga keuangan publik untuk menghimpun dana publik untuk membiayai kandidat yang mempunyai  kualitas yang baik. 

Lebih lanjut kata peneliti politik dari Amerika ini, dari sekian capres mileneal maka Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) lebih berpeluang entah presiden maupun wakil presiden.

(BACA JUGA:Luhut Ditunjuk Jokowi Atasi Langkanya Migor, Hendri Satrio: Pak LBP Seperti Kotak P3K, Obat Semua Penyakit) 

Alasannya AHY punya partai dan berpeluang dicalonkan Partai Demokrat sedangkan Erick Thohir dan Sandiaga Uno bukan ketua Parpol.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: