Pabrik Tesla Dibangun di Batang, Bahlil Lahadalia: Investasi Masuk Tahun Ini

Pabrik Tesla Dibangun di Batang, Bahlil Lahadalia:  Investasi Masuk Tahun Ini

Tesla Model Y 2021.--Autoexpress.co.uk

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pabrik mobil Tesla dikabarkan akan dibangun di Indonesia. Rencananya, pabrik Tesla itu akan dibangun di Batang, Jawa Tengah. Nantinya Indonesia akan menjadi negara keempat yang punya pabrik Tesla.

"Kabupaten Batang di Jawa Tengah akan jadi pusat kawasan Industri terbaik di Indonesia. Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar. Seperti LG, Foxconn, Tesla pun Insya Allah akan masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain," kata Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, pada Rabu (18/5/2022). 

(BACA JUGA:Luhut Atur Jokowi Ketemu Elon Musk: Sekarang Timnya Tesla Ada di Kantor Saya, Tadi Makan Siang, Nanti...)

Menurutnya, lobi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat Tesla tertarik investasi di Indonesia. Sebelumnya Tesla masih tarik-ulur untuk membangun pabriknya di Indonesia. 

"Dulu ketika Bapak Presiden memerintahkan kami dengan Menko Marves agar Tesla dan Foxconn masuk Indonesia. Karena dua perusahaan ini adalah perusahaan besar. Saya lobi ke Foxconn, Pak Luhut ke Tesla. Lobi ke Foxconn lolos. Tesla masih tarik ulur. Namun, berkat tangan dingin dan intuisi presiden, Tesla masuk ke Indonesia," terangnya.

Sejauh ini, Tesla memproduksi mobil-mobilnya di tiga negara yang mewakili tiga benua. Yaitu Amerika Serikat, China dan Jerman. Tak hanya mobil Tesla, pabrik tersebut memproduksi baterai lithium-ion, hingga supercharger.

(BACA JUGA:Bukan Kaleng-kaleng! Luhut Undang Elon Musk ke Indonesia, Bos Tesla Akui Tertarik Kerja Sama)

Untuk di Indonesia, lanjut Bahlil, investasi pabrik Tesla akan dilakukan tahun ini. Kerja samanya menyangkut dua bidang. Yakni baterai dan mobil listrik. 

Untuk pasar Indonesia, ada empat mobil Tesla yang sudah meluncur secara global. Beberapa importir umum menjual mobil Tesla mulai dari Model S, Model X, Model 3 dan Model Y.

(BACA JUGA:Gegara Fitur Boombox Bermasalah, Tesla Tarik Hampir 600 Ribu Unit di AS)

(BACA JUGA:Kunjungi Pabrik Space X, Jokowi Puji Elon Musk: untuk Urusan Teknologi...)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: