Pilih MPV FWD Atau RWD, Semua Ada Plus Minusnya Lho

Pilih MPV FWD Atau RWD, Semua Ada Plus Minusnya Lho

All New Daihatsu Xenia, MPV yang berpenggerak roda depan atau FWD--https://daihatsu.co.id/

JAKARTA, FIN.CO.ID - Belakangan ini marak fenomena pabrikan otomotif mengeluarkan produk mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) berpenggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD), pasca kesuksesan Mitsubishi Xpander beberapa tahun lalu. 

Bahkan model-model baru seperti All New Toyota Avanza, Veloz serta All New Daihatsu Xenia ikut mengeluarkan mobil FWD, meski pada generasi sebelumnya kendaraan tipe ini diproduksi berpenggerak roda belakang alias Rear Wheel Drive atau RWD. 

(BACA JUGA:Review Daihatsu Luxio Facelift 2022: Harga di Bawah Xenia Tapi Lebih Lega Dari Innova)

Dikutip dari berbagai sumber, baik FWD maupun RWD sebenarnya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Tidak bisa juga mobil tipe FWD disebut lebih baik ketimbang RWD maupun sebaliknya. 

Mari kita bahas satu persatu keunggulan mobil FWD dan RWD. 

Dimulai dari FWD

Mobil MPV FWD seperti Mitsubishi Xpander, All New Toyota Avanza, Veloz All New Daihatsu Xenia hingga Suzuki Ertiga, memiliki keunggulan yaitu kabin belakang yang lebih lega. 

Hal itu disebabkan tidak adanya gardan di poros roda belakang, karena tenaga dari mesin tidak perlu diteruskan ke roda belakang. 

(BACA JUGA:Pajero Sport Pimpin Angka Penjualan SUV Ladder Frame Bulan Maret 2022)

Selain itu, MPV FWD juga memiliki keunggulan tidak perlu melakukan perawatan gardan, sebab memang kendaraan tipe ini tidak memiliki gardan. 

MPV FDW juga memiliki tarikan awal yang lebih responsif karena tidak memerlukan tenaga ekstra untuk meneruskan momen putar dari mesin ke roda belakang. 

Biaya produksi dari mobil berpenggerak roda depan juga disebut lebih hemat, disamping juga konsumsi bahan bakar yang lebih irit. 

Mobil RWD

Kemudian untuk mobil berpenggerak roda belakang atau RWD, ternyata juga memiliki keunggulan tersendiri. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: