Sebanyak 1,7 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Lewat Tol Selama Mudik Lebaran

Sebanyak 1,7 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Lewat Tol  Selama Mudik Lebaran

Suasana di tol Jakarta-Cikampek -dok-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Dimulai H-10 sampai sehari menjelang Idulfitri 1443 Hijriah, sebanyak 1,7 juta kendaraan telah meninggalkan wiayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) melalui pintu tol.

Melalui data yang diterima FIN.co.id dari PT Jasa Marga (persero)tbk, mencatat sebanyak 1.757.837 kendaraan meninggalkan Jabotabek melalui ruas jalan tol. angktta tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) Barrier/utama.

Corporate Communication dan Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru menjelaskan ada empat gerbang tersebut di antaranya GT Cikupa (arah Merak), Gt Ciawi (arah puncah), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama )arah Trans Jawa dan Bandung).

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 18,6 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 1.482.047 kendaraan," ujar Heru.

(BACA JUGA:Mohammad Idris Beri Pesan Khusus Untuk Masyarakat Depok yang Mudik Lebaran, Apa Itu?)

(BACA JUGA:Lalin Padat, Jasa Marga Berlakukan Contra Flow di Tol Jagorawi Mulai Km 44+500 Sampai Dengan KM 46+50)

Heru meneruskan, Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu sebanyak 945.000 kendaraan (53,8 persen) menuju arah Timur Trans Jawa dan Bandung, 484.653 kendaraan (27,6 persen) menuju ke Merak dan 328.184 kendaraan (18,7 persen) menuju ke Puncak.

Untuk arah timur, lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 639.060 kendaraan, meningkat sebesar 89,6 persen dari lalin normal.

Sedangkan lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 305.940 kendaraan, turun sebesar 6,6 persen dari lalin normal.

Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 945.000 kendaraan, naik sebesar 42,2 persen dari lalin normal.

Untuk arah barat, lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 484.653 kendaraan, meningkat sebesar 1,43 persen dari lalin normal.

(BACA JUGA:Breaking News: Rekayasa Lalin yang Diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek Arah Cikampek Saat Ini)

Sementara itu untuk arah selatan, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 328.184 kendaraan, turun sebesar 3,4 persen dari lalin normal.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan saat berada di rest area, isi BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: