Sudah Mencapai 98 Persen, Jokowi Puas dengan Penyaluran Bansos

Sudah Mencapai 98 Persen, Jokowi Puas dengan Penyaluran Bansos

Presiden Joko Widodo mengapresiasi dan merasa puas dengan capaian penyaluran bantuan sosial (bansos).--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Presiden Joko Widodo mengapresiasi dan merasa puas dengan capaian penyaluran bantuan sosial (bansos). Data yang diterima Kementerian Sosial dari PT. Pos Indonesia, salur BLT minyak goreng mencapai 98,3% secara nasional.

Hadir mendampingi Presiden dalam penyaluran bansos di PT. Pos Jakarta, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan, progres yang menggembirakan merupakan tindak lanjut atas arahan Presiden agar BLT Minyak Goreng sampai ke tangan penerima manfaat sebelum Hari Raya Idul Fitri.

(BACA JUGA:Serahkan Bansos di Bogor, Presiden Minta Masyarakat Gunakan Bantuan untuk Penguatan Modal Usaha)

"Alhamdulillah, salur bansos sudah mencapai 98%. Saya berharap bansos bisa membantu masyarakat memenuhi sebagian kebutuhan pokok di tengah lonjakan harga," kata Mensos dalam kesempatan terpisah (25/04).

Mensos juga menyatakan, capaian salur bansos tidak lepas dari kerja sama semua pihak terkait. Termasuk di dalamnya PT. Pos sebagai penyalur, jajaran pemerintah daerah dan juga para pendamping.

Salur BLT Minyak Goreng salur secara tunai selama sekitar 14 hari.

Senada dengan itu, PT Pos menyatakan progres salur bansos tidak lepas dari monitoring dan supervisi Kemensos sebagai pihak pemberi pekerjaan.

(BACA JUGA:Viral Video Polisi Usir Penerima Bansos Belum Vaksin Booster, Kapolsek Brebes: Memang Syaratnya)

"Selain progresnya cepat, kami juga dapat rapikan secara administrasi karena penerima dan rumah penerima difoto serta bisa diverifikasi dengan dukcapil. Jadi sangat akuntabel, ” ujar Dirut PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi dalam kesempatan tersebut.

Ia mengakui, keberhasilan penyaluran, tidak lepas dari kerjasama yang baik dengan Kemesos yang melakukan strategi agar apa yang ditugaskan Presiden bisa dilaksanakan. Arahan Presiden sebelum lebaran tiba BLT minyak goreng tersalur semuanya.

“Kami bersama Kemensos dan dinsos bahu–membahu mengakselerasi salur BLT minyak goreng dengan meningkatkan jumlah titik salur, menambah petugas, dan membuka layanan lebih panjang hingga malam hari. Insya Allah sebelum lebaran tiba atau maksimal Jumat depan sudah salur semua,” katanya.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Non Alam Mira Riyati Kurniasih menyambut baik atas pencapaian yang baik ini, di mana dalam dua pekan penyaluran dapat menjangkau jumlah yang sangat signifikan.

(BACA JUGA:BLT Minyak Goreng Disalurkan di Surabaya, Wali Kota: Jangan Hanya Mengandalkan Bansos)

“Sesuai perintah Bapak Presiden agar sebelum lebaran tiba BLT minyak goreng tersalurkan kepada penerima Rp 300 ribu untuk 3 bulan, yaitu bulan April, Mei dan Juni yang disalurkan langsung pada bulan April ini,” ungkapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: