Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi Mulai Naik

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi Mulai Naik

Ilustrasi - Daging sapi.-Issak Ramdhani-fin.co.id

CIANJUR, FIN.CO.ID -- Harga daging sapi di pasar tradisional di Cianjur, Jawa Barat, mulai naik dari Rp120.000/kg menjadi Rp140.000/kg.

Jika harga terus melambung menjelang lebaran, Diskoperindag Cianjur berencana menggelar operasi pasar.

(BACA JUGA:Duh, Daging Celeng Seberat 720 Kg Asal Bengkulu Bakal Disebar di Bekasi)

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Cianjur, Tohari Sastra mengatakan, sepuluh hari menjelang lebaran, harga sejumlah komoditi mulai merangkak naik termasuk daging sapi dan ayam.

"Untuk antisipasi meroket nya harga daging kita akan berkoordinasi dengan Bulog untuk menggelar operasi pasar murah menjelang lebaran. Namun kenaikan diperkirakan tidak akan sampai melambung tinggi karena akan berdampak terhadap penjualan," katanya.

Pihaknya mencatat sepuluh hari menjelang lebaran, harga daging sapi yang sempat turun di angka Rp120.000/kg, saat ini menjadi Rp140.000/kg dan diperkirakan akan terus  naik hingga Rp170.000/kg.

(BACA JUGA:Antisipasi Pedagang Nakal, Begini Cara Membedakan Daging Sapi dengan Daging Babi)

"Sedangkan harga daging ayam dari Rp32 ribu per kilogram sore ini kembali merangkak naik menjadi Rp40 ribu per kilogram. Kita akan terus memantau perkembangan harga daging dan kebutuhan pangan lainnya menjelang lebaran," katanya.

Pedagang daging di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, Andri Willy mengatakan kenaikan harga baru terjadi Sabtu petang, dimana sebelumnya harga daging sapi masih dijual Rp120.000/kg kini menjadi Rp140.000.

Sedangkan untuk harga daging ayam ungkap dia, dari Rp32.000 menjadi Rp40.000/kg seiring mulai meningkatnya pemakaian menjelang hari raya.

(BACA JUGA:DKPPP Kota Bekasi Pastikan Stok Daging dan Ayam Ramadan Aman Dikonsumsi)

"Kemungkinan harga daging sapi akan kembali naik hingga Rp 30 ribu menjadi Rp 170 ribu per kilogram," katanya.

Pedagang sayur mayur di Pasar Muka Cianjur, Uci (32) mengatakan harga sayur mayur seperti cabai, kentang, wortel dan bumbu dapur mulai mengalami kenaikan.

Meski kenaikan tidak lebih dari Rp1.000 per kilogram, pedagang memperkirakan kenaikan harga akan terus naik hingga lebaran.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: antara