DKPPP Kota Bekasi Pastikan Stok Daging dan Ayam Ramadan Aman Dikonsumsi

DKPPP Kota Bekasi Pastikan Stok Daging dan Ayam Ramadan Aman Dikonsumsi

Suasana los daging dan ayam di salah satu sudut pasar di Kota Bekasi. -Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

BEKASI, FIN.CO.ID - Memasuki Bulan Suci Ramadan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi, semakin memperketat pemeriksaan kesehatan daging sapi ataupun ayam dan olahan daging lainnya di pasaran.

Wadi Rimal selaku Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi mengungkapkan pihaknya telah melakukan monitoring.

(BACA JUGA:Waktunya Beli Nih, Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp5.000 Per Gram)

"Jadi begini baik dari pusat maupun dari dinas kami sendiri, kami sudah melakukan monitoring pada tanggal 18 Maret yang diikutsertakan bersama Balai Pengujian Mutu, dan Sertifikat Produk Hewan dari Bogor itu datang ke kita memantau gudang gudang yang ada di kita baik di gudang maupun di ritel ritel," ucap Wadi Rimal saat dikonfirmasi, Rabu 6 April 2022. 

Wadi mengatakan,  pihaknya bersama Kementerian Pertanian, dibawahi oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan telah melakukan pemeriksaan akhir pada tanggal 30 maret 2022 lalu.

"Jadi dalam rangka hari besar keagamaan nasional mereka turun untuk memeriksa, mengawasi, survei atau monitoring terhadap produk hewan yang ada di kota bekasi baik itu di pasar tradisional, swalayan atau modern maupun gudang gudang yang ada di kita, untuk diambil sampel dagingnya," ungkapnya.

Lanjutnya Wadi Rimal mengungkapkan, dari hasil seluruh pemeriksaan yang telah dilakukan didapati bahwa stok daging selama bulan ramadan berstatus ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

(BACA JUGA:Erick Thohir: Harga Pertamax Seharusnya Rp16.000 Per Liter)

"Jadi kita tetap jalan dari dinas kita, walaupun dari kementerian dan balai pengujian mutu dan yang lainnya sudah mengecek, kita juga akan kembali mengecek kok untuk melakukan pemeriksaan dan lain sebagainya baik di pasar-pasar, Gudang kita maupun swalayan," jelasnya. 

Menurutnya, ada dua indikasi daging dalam kondisi baik dan sehat konsumsi, yaitu dalam bentuk penjaminan terhadap stok dan jaminan kondisi produk yang dipasarkan dalam kondisi baik.

Dalam kesempatan tersebut, Wadi Rimal memastikan bahwa stok daging dan juga ayam yang di jual di pasaran selama bulan ramadhan dalam kondisi aman dan sehat. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: