Seberapa Banyak Kopi Sehari untuk Cegah Diabetes?

Seberapa Banyak Kopi Sehari untuk Cegah Diabetes?

Kopi, Image oleh fancycrave1 dari Pixabay --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2016, 1 dari 11 orang di Indonesia adalah penderita diabetes.

Sementara itu menurut prediksi ahli, jumlah penderita diabetes di Indonesia bisa membengkak jadi 30 juta, sekitar delapan tahun dari sekarang.

Salah satu penyebab tingginya angka diabetes di Indonesia sendiri, terkait dengan konsumsi nasi putih, yang merupakan santapan harian orang Indonesia.

(BACA JUGA:Aturan Minum Kopi yang Aman Selama Ramadan)

Akan tetapi menurut ahli, angka itu bisa dihindari, jika saja manusianya dapat menjalankan pola hidup sehat dan teratur.

Tidak terkait dengan klaim di atas, sebuah studi dari AmerikA Serikat menyebutkan bahwa kebiasaan minum kopi, dapat membantu orang memangkas risiko diabetes di kemudian hari.

Menurut studi yang dilakukan Harvard School of Pubic, kebiasaan meminum kopi memberikan dampak positif bagi kesehatan, khususnya dalam mengurangi risiko diabetes.

Disebutkan bahwa dengan minum kopi lebih dari satu cangkir per hari, dalam kurun waktu 4 tahun diketahui menurunkan risiko terkena diabtes tipe 2 sebesar 11 persen.

Menariknya lagi, mereka yang tidak minum kopi, ternyata punya risiko terkena diabetes sebesar 17 persen lebih tinggi, dari mereka yang meminumnya.

Temuan ini sekaligus menguatkan temuan studi-studi terdahulu, yang menyebutkan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Yang terpenting lagi, temuan ini menyediakan data baru terhadap kebiasaan minum kopi, dan benefitnya memangkas risiko diabetes melitus, kata lead author studi, Shilpa Bhupathiraju, via Medical News Today.

Dan yang tidak kalah menariknya adalah, mau itu kopi dengan atau tanpa kafein, dapat memberikan efek yang dimaksud di atas.

Kebiasaan Minum Kopi Bikin Panjang Umur

Mereka yang rutin minum kopi tiga cangkir sehari, punya potensi 15 terhindari dari penyakit jantung atau mati muda.

Ya, menurut sebuah studi di Australia, mereka yang minum kopi tiga cangkir sehari, bisa menambah panjang umurnya beberapa tahun lebih banyak.

Mengapa demikian, karena kandungan antioksidan yang dimiliki kopi menurut studi itu, mampu meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi penumpukan lemak pada tubuh.

Tidak hanya kopi berkafein, kopi decaf alias kopi dengan kadar kafein rendah, juga diklaim memberikan manfaat yang sama.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: