Toyota 'Merajai' Penjualan MPV Bulan Maret 2022

Toyota 'Merajai' Penjualan MPV Bulan Maret 2022

Toyota Innova--https://www.toyota.astra.co.id/

JAKARTA, FIN.CO.ID - Toyota rasanya tak salah jika dijuluki sebagai mobil sejuta umat. Paling tidak hal itu dibuktikan dari angka penjualan atau wholesales kendaraan tipe MPV, di sepanjang bulan Maret 2022. 

Mulai dari kelas medium MPV, premium MPV, low MPV hingga Compact MPV dan medium Van. Semuanya dikuasai merk Toyota. 

(BACA JUGA:Pemilik Wajib Tahu 'Penyakit' Umum CR-V Turbo 2017)

Kita mulai pembahasan dari kelas medium MPV. Di kelas itu ada Toyota Kijang Innova. Berdasarkan data Gaikindo, tercatat angka penjualan Toyota Innova bulan Maret 2022 mencapai 6.301 unit. 

Adapun di posisi kedua jenis MPV medium, diisi oleh pabrikan China, Wuling. Adalah Wuling Cortez yang sepanjang Maret 2022 berhasil terjual 720 unit. 

Yah, cukup jauh jarak penjualan antara Toyota Innova dengan Wuling Cortez. Hal itu memang disebabkan pemain untuk tipe medium MPV memang tidak banyak. 

Selanjutnya, untuk tipe premium MPV, dikuasai oleh Toyota. Setidaknya ada 2 tipe premium MPV Toyota yang berada di sana.

(BACA JUGA:Hyundai Creta Jadi Compact SUV Paling Laris Bulan Maret 2022)

Untuk posisi pertama yaitu Toyota Alphard dengan angka penjualan bulan Maret 2022 di angka 307 unit. 

Pada posisi kedua ada Toyota Vellfire, dengan angka penjualan 33 unit di sepanjang Maret 2022.  

Jumlahnya sama, yaitu terjual 33 unit juga adalah KIA Grand Carnival. Produsen mobil Korea Selatan itu tampaknya menjadi penantang serius untuk tipe premium MPV bagi Toyota. 

Posisi selanjutnya yaitu ada Hyundai Staria. Penantang Toyota Alphard dan Vellfire itu berhasil terjual 18 unit di sepanjang Maret 2022. 

(BACA JUGA:Dahsyat, Honda All New BR-V Pimpin Penjualan Low SUV Bulan Maret 2022)

Kemudian kita beralih ke segmen low MPV. Ya, pada jenis ini mobil sejuta umat yaitu Toyota Avanza memimpin penjualan dengan angka 6.085 unit di sepanjang bulan Maret 2022. 

Sumber: