Penyebab BBM Solar Langka Akhirnya Terungkap

Penyebab BBM Solar Langka Akhirnya Terungkap

Solar langka-ist-net

SEMARANG, FIN.CO.ID - Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar subsidi mulai terungkap. Rupanya BBM tersebut ditimbun oleh orang tak bertanggung jawab. 

Salah saksi aksi penumbunan BBM solar bersubsidi diungkap Polda Jawa Tengah (Jateng) di sebuah gudang di Cilacap, Jawa Tengah.

Diungkapkan Direskrimsus Polda Jateng, Kombes Pol Johanson Simamora terbongkarnya kasus penimbunan solar bermula saat petugas menahan truk di sebuah SPBU di Jeruklegi, Kabupaten Cilacap.

(BACA JUGA:Curhat Pengusaha Bus Tujuan Pulau Sumatera: di SPBU Solar kosong, Tapi di Luar Banyak yang Jual Eceran)

Ada sebuah truk bak kayu yang telah dimodifikasi dengan dipasangi bak penampungan yang tertutup terpal. Saat dicek, ternyata truk tersebut mengangkut 1.000 liter solar bersubsidi.

Petugas kemudian mengamankan sopir truk berinisial A (37), warga Kabupaten Cilacap. 

"Dari keterangan sopir truk, solar tersebut rencananya dibawa ke sebuah gudang milik PT SJE," katanya, Jumat, 15 April 2022.

(BACA JUGA:Antrian Truk Isi Solar Masih Terjadi, Pengamat Sebut Persoalan Kuota Hingga Disparitas Harga Jadi Penyebab)

Polisi kemudian memeriksa gudang yang dimaksud dan mendapati puluhan bak penampungan solar yang masing-masing berkapasitas 1.000 liter.

Sementara di gudang itu sendiri didapati tiga bak penampungan dengan jumlah total solar yang tersimpan sebanyak 2.200 liter. 

"Dalam pengungkapan ini total 3.200 liter solar bersubsidi yang diamankan," katanya.

Polisi juga menahan salah seorang petugas gudang berinisial R (35).

Ia menyatakan, dalam dugaan tindak pidana ini terdapat pelanggaran terhadap UU Nomor 22/2001 tentang Minyak dan Gas. Polisi masih mendalami keterlibatan pelaku lain dalam penyelewengan distribusi bahan bakar minyak bersubsidi ini.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: