Redam Banjir di Kawasan Cagar Budaya Muaro Jambi, PUPR Normalisasi Kanal Purba Sungai Batanghari

Redam Banjir di Kawasan Cagar Budaya Muaro Jambi, PUPR Normalisasi Kanal Purba Sungai Batanghari

Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi -Birkompu-

Candi Muaro Jambi disebut sebagai kompleks candi karena terdapat beberapa candi dalam kawasan tersebut, di antaranya Candi Gumpung, Candi Kedaton, Candi Koto Mahligai, Candi Astano, Candi Kembar Batu, Candi Gedong Satu, Candi Gedong Dua hingga Candi Telago Rajo.

Selain itu, di KCBN Muaro Jambi juga terdapat kanal kuno dengan dinding bata dan kolam tempat penampungan air serta sumur. 

Penanganan pengendalian banjir KCBN Muaro Jambi masih menyisakan pekerjaan Sungai Brembeng Hulu dan Amburanjalo sepanjang 18,16 km, saluran Seno Beno sepanjang 9,3 km, dan saluran Klari sepanjang 5,4 km. 

(BACA JUGA:Perintah Erick Thohir ke Darmawan Prasodjo: Paparkan Setransparan Mungkin Roadmap PLN ke Serikat Pekerja!)

Diharapkan dengan selesainya seluruh pekerjaan juga dapat mengembalikan kanal di sekitar KCBN Muaro Jambi sebagai sarana transportasi air serta mempercantik lansekap kawasan pariwisata di sekitar Muaro Jambi.

Turut mendampingi Menteri Basuki, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Kepala BPPW Jambi Azna Legawaty dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Jambi Gatut Bayuadji. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: