KAI Terbitkan Aturan Terbaru Angkutan Kereta Lebaran

KAI Terbitkan Aturan Terbaru Angkutan Kereta Lebaran

Ilustrasi - mudik di Stasiun Kereta Api.-dok-net

PALEMBANG, FIN.CO.ID - Para calon penumpang kereta api harus memperhatikan aturan baru dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).

PT KAI menerbitkan aturan baru bagi para calon penumpang kereta api lebaran.

Kabag Humas PT KAI Divisi Regional III Palembang Aida Suryanti mengatakan, pelanggan KA jarak jauh yang telah mendapatkan vaksin ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukkan hasil tes RT-PCR atau Rapid Tes Antigen saat proses naik gerbong kereta (boarding).

(BACA JUGA:Tiket Kereta Lebaran Bisa Dipesan Mulai Besok)

Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi COVID-19 tanggal 4 April 2022.

Persyaratan terbarunya, penumpang yang sudah divaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif  identifikasi (screening) COVID-19.

Namun bagi penumpang yang sudah vaksin kedua harus menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam.

(BACA JUGA:Nekat! Sopir Angkot Curi Bantalan Rel Kereta Api di Sukabumi, Begini Caranya...)

Penumpang yang divaksin pertama diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam:

Sementara bagi penumpang yang belum divaksin dengan alasan medis maka diwajibkan menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

Pelanggan dengan usia di bawah enam tahun tidak wajib divaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR, namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

“Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya,” katanya, Selasa, 5 April 2022.

Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan sistem tiket KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes COVID-19 pelanggan.

Hasilnya data tersebut dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: