Tiket Kereta Lebaran Bisa Dipesan Mulai Besok

Tiket Kereta Lebaran Bisa Dipesan Mulai Besok

Ilustrasi Kereta Api Jarak Jauh-KAI-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Warga yang ingin mudik harus cepat menentukan tanggal keberangkatan ke kampung halaman. Sebab tiket kereta lebaran sudah bisa dipesan.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengatakan penjualan tiket kereta api Angkutan Lebaran 1443 Hijriah akan segera dibuka.  Tiket kereta lebaran sudah bisa dipesan mulai besok, Jumat, 1 April 2022.

"Per 1 April, KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April hingga 16 Mei 2022 dan seterusnya," katanya, Kamis, 31 Maret 2022.

(BACA JUGA:Wujudkan Pelayanan Masyarakat yang Makin Baik, Bea Cukai Rangkul Pihak Swasta, BUMN, Hingga Civitas Academica)

Dijelaskannya, tiket sudah bisa dibeli di seluru layanan KAI. Mulai dari aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Untuk saat ini, PT KAI menerapkan kebijakan penjualan tiket KA Jarak Jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan. Tujuannya agar memberi ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanan mudiknya dengan kereta api pada masa angkutan Lebaran.

Diingatkan calon penumpang harus lebih teliti dalam menginput tanggal keberangkatan, pemilihan rute atau tujuan, serta dalam memasukkan data diri saat memesan.

(BACA JUGA:Sudah Kena Tipu, Petani Ini Malah Diejek Pelaku lewat WA, Bawa Kabur 850 Kilogram Bawang Merah)

“Kami meminta masyarakat mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api di masa Angkutan Lebaran dari pemerintah. Saat ini KAI masih menunggu peraturan resminya,” katanya.

KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 hingga H+10 Lebaran atau 22 April hingga 13 Mei 2022.

Pada periode tersebut, KAI memprogramkan perjalanan KA rata-rata 401 KA per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 216.608 tempat duduk KA Jarak Jauh dan KA Lokal per hari.

Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen dan untuk KA Lokal yaitu 70 persen.

Sampai dengan 31 Maret, KAI telah menjual 155.672 tiket KA Jarak Jauh untuk keberangkatan periode 22 hingga 30 April atau 15 persen dari total tiket yang disediakan.

Kereta api favorit masyarakat pada periode tersebut yaitu KA Airlangga relasi Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp, Bengawan relasi Pasar Senen - Purwosari pp, Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen - Surabaya Gubeng pp, Taksaka relasi Gambir - Yogyakarta pp, dan lainnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: