Masjid Istiqlal Gelar Tarawih, Jemaah Wajib Prokes, Salatnya 23 Rakaat

Masjid Istiqlal Gelar Tarawih, Jemaah Wajib Prokes, Salatnya 23 Rakaat

Ilustrasi salat berjamaah di Masjid Istiqlal.-Issak Ramdhani-FIN

JAKARTA, FIN.CO.ID - Imam Besar Masjid Istiqlal Nassarudin Umar menyatakan Istiqlal siap menggelar Salat Tarawih perdana Ramadan 1443 Hijriah. Jemaah yang mengikuti salat Tarawih di Masjid Istiqlal wajib mentaati protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

"Saya sekaligus mengimbau pada malam ini, melalui teman-teman semua bahwa COVID ini belum selesai, masih ada, effort-nya yang tidak boleh kita anggap enteng, yang kedua juga para jemaah hati-hati dalam kondisi seperti apapun, kalau suhunya naik ada kelainan lebih baik tidak ke masjid, jangan sampai nanti ikut menimbulkan persoalan," kata Nassarudin, Sabtu, 2 April 2022.

Ia berujar, pengurus Masjid Istiqlal juga telah menyiapkan sejumlah antisipasi mencegah kerumunan jemaah Salat Tarawih. Menurutnya, ada tiga tempat yang berpotensi menjadi pusat kerumunan.

(BACA JUGA:PPKM Level 2, Begini Aturan Tarawih di Jabodetabek)

"Kami antisipasi tiga tempat, tempat penitipan sepatu, keluar masuk kendaraan, basement ke atas tangganya kami siapkan di situ. Kemudian pintu-pintu masuk harus melewati monitor untuk mengukur suhu," katanya.

Dalam pelaksaanaan tahun ini, ucap Nassarudin, Salat Tarawih di Masjid Istiqlal bakal dilakukan sebanyak 20 rakaat dilanjutkan witir 3 rakaat dalam satu sesi dengan dua imam secara bergantian.

Dia menyebut nantinya surat-surat yang akan dibacakan pendek-pendek, hal itu dilakukan agar jemaah tidak terlalu lama berada di Masjid Istiqlal.

(BACA JUGA:Salat Tarawih di Masjid Agung Al Barkah Bekasi Rapat Shaf Tapi Harus Prokes)

"Kita konsisten dari tahun lalu 20 rakaat tambah 3 witir, dan itu pendek-pendek, pengajinya juga nggak terlalu panjang, kemudian doanya juga tidak terlalu panjang, karena jangan terlalu lama tinggal di Masjid, berkerumun, itu bagian dari protokol Istiqlal," tukasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: