Kementerian Agama Menetapkan Puasa 1 Ramadan Pada Minggu 3 April 2022

Kementerian Agama Menetapkan Puasa 1 Ramadan Pada Minggu 3 April 2022

Sidang Isbat Kementerian Agama--Laman Kemenag

JAKARTA,FIN.CO.ID- Berdasarkan hasil sidang isbat kementerian agama (menag) telah menetapkan awal puasa 2022 atau bulan Ramadan 1443 Hijriah akan dimulai pada minggu,3 April 2022. Sedangkan untuk Muhammadiyah sudah ditetapkkan pada sabtu 2 April 2022 besok.

Dalam sidang isbat tersebut diikuti oleh perwakilan ormas, Duta Besar Negara Sahabat, dan tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agaman. 

Sidang isbat kali ini dilakukan secara hybrid, yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Choilil Qoumas pada hari Jumat, 1 April 2022. 

(BACA JUGA:Jenderal Andika Perbolehkan Keturunan PKI Masuk TNI, DPR: Sudah Jelas dan Terang Benderang Bahwa...)

(BACA JUGA:Pemerintah Cairkan BLT Minyak Goreng Rp300 Ribu Mulai April)

Menag menjeleaskan bahwa sidang isbat kali ini menghasilkan ketetapan bahwa hilal tidak terpantau di sejumlah wilayah pemantauan. Hasil tersebut diputuskan bahwa Ramdan jatuh pada hari minggu.

 

"Secara mufakat 1 Ramadan jatuh pada Ahad (Minggu) tanggal 3 April 2022," terang  Menag membacakan keputusan sidang isbat di Gedung Kemenag, dikutip dari laman Kemenag.

 

Menag menjelaskan, bahwa posisi hilal berdasarkan hisab yang berada di dalam ketinggian yang masih berada di 1 hingga 2 derajat. berikutnya pemantauan tersebut dilakukan di 101 titik di 34 provinsi di tanah air dan hasil tersebut tidak melihat hilal.

(BACA JUGA:Keras! Carlos Fortes Langsung Beri Menohok usai Arema FC Ungkap Kekecewaan)

 

Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama (Kemenag), Thomas Djamaluddin, memastikan dari 101 titik pemantauan hilal di 34 Provinsi Indonesia menunjukkan bahwa posisi hilal 1 Ramadan 1443 Hijriah belum terlihat

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: