Klarifikasi BCA Soal Uang Nasabah Rp135 Juta Hilang, Duitnya Bakal Diganti?

Klarifikasi BCA Soal Uang Nasabah Rp135 Juta Hilang, Duitnya Bakal Diganti?

Ilustrasi penarikan uang di ATM.-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Publik belakangan ini dihebohkan dengan pemberitaan soal seorang nasabah Bank Central Asia (BCA) bernama Hebbie Agus Kurnia yang mengaku kehilangan uang tabungannya di rekening BCA senilai Rp135 juta. 

Padahal, kartu ATM dan sandi dia yang pegang. Hebbie sendiri berdomisili di Bandung, sementara penarikan tabungannya terjadi di Surabaya.

(BACA JUGA:Viral: Nasabah BCA Kehilangan Duit Tabungan Rp135 Juta, CS Malah Jawab: Uangnya Tidak Janji Kembali)

Fin.co.id berusaha mengklarifikasi kasus tersebut kepada pihak Bank BCA. 

Melalui pesan singkat, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn memberikan klarifikasi. 

Menurut Hera, kehilangan uang yang dialami Hebbie tersebut diduga akibat skimming atau duplikasi kartu ATM. 

"Setelah dilakukan penelusuran, terdapat dugaan skimming (duplikasi kartu nasabah)," ujar Hera kepada Fin.co.id, Selasa 29 Maret 2022. 

(BACA JUGA:Mazdjo Pray: Dokter Terawan yang Cerdas dan Berprestasi Dipecat, Sunardi yang Teroris Malah Dibela IDI)

Adapun terkait dengan penggantian uang yang hilang, Hera menegaskan bahwa kehilangan uang yang diakibatkan bukan oleh kesalahan dan kelalaian dari nasabah, maka Bank BCA akan melakukan penggantian 100 persen. 

"Sehubungan dengan adanya keluhan salah satu nasabah di media sosial terkait dugaan kehilangan sejumlah dana via penarikan ATM, dapat kami sampaikan bahwa jika bukan kesalahan atau kelalaian nasabah, BCA berkomitmen mengganti 100 persen dana nasabah yang hilang," tegas Hera. 

Dalam kesempatan yang sama, Hera mengimbau kepada para nasabah tabungan Bank BCA untuk sesering mungkin mengganti PIN atau pasword ATM, agar ATM tersebut tidak bisa disalahgunakan pihak lain, termasuk dengan modus skimming.

"Kami mengimbau kepada nasabah untuk dapat mengganti PIN secara berkala. Hal ini akan mencegah kejahatan skimming meskipun kode PIN ATM sudah pernah terekam oleh pelaku skimming," tuturnya. 

(BACA JUGA:Menantu Rizieq Pimpin FPI, Ade Armando: Dia Sih Cuma Imam Kaleng-Kalengan yang Sudah Kehilangan Pijakan)

Hera juga memastikan bahwa Bank BCA sebagai perbankan nasional tetap tunduk pada ketentuan regulator, dan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: