Bekasi

Pengusaha Transportasi Bus Dukung Pemerintah Izinkan Mudik Lebaran 2022

fin.co.id - 28/03/2022, 13:44 WIB

Pengusaha Busyang tergabung dalam IPOMI memperkirakan lonjakan penumpang mudik lebaran 2022 hanya mencapai 60 pesen dari kapasitas bus yang tersedia. IPOMI pun berinovasi dengan sistem tiket pre order

BEKASI, FIN.CO.ID - Secara resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik pada lebaran tahun 2022 ini, namun perizinan mudik tersebut harus sesuai dengan aturan yang akan segera di keluarkan.

Di izinkannya masyarakat untuk mudik pada lebaran tahun ini, mendapat dukungan penuh dari para pengusaha transportasi khsusnya angkutan bus yang pada lebaran sebelumnya seluruh unit harus berhenti karena dilarangnya aktivitas mudik.

Salah satu dukungan diizinkanya mudik pada tahun ini datang dari Muhammad Abdul Wahid, salah artis youtubers kondang dan pemilik Bus Pesona Transport Services yang sangat setuju dengan kebijakan yang telah di tetapkan pada tahun ini.

(BACA JUGA: Mudik Wajib Booster, PKS: Ingat Ya, Vaksin Booster Sifatnya Tidak Wajib tapi Sebagai Pilihan)

"Kami pada dasarnya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah karena sudah memberikan kebijakan yang sesuai dengan fakta yang ada di lapangan," ucap Wahid saat berbincang langsung dengan FIN.CO.ID Senin 28 Maret 2022.

Wahid pun menyampaikan bahwa saat ini memang sudah saatnya masyarakat di Kota untuk diberikan keleluasaan melaksanakan mudik lebaran nanti, karena hal tersebut salah satu cara untuk membantu perputaran uang di daerah perdesaan.

(BACA JUGA: Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022, Pemerintah: Mari Hentikan Perdebatan)

Selain itu aktivitas mudik lebaran juga dapat membantu perusahaan transportasi Bus Antar Kota dan juga Bus Pariwisata untuk sedikit menormalkan keuangan perusahaan setelah terkena imbas Covid-19 beberapa tahun belakangan.

Menanggapi salah satu aturan pemerintah mengenai kelonggaran mudik lebaran masyarakat sudah harus melaksanakan vaksin booster juga sangat di dukung oleh dirinnya, namun hal tersebut tetap di kembalikan kepada masyarakat sebagai pemudik.

(BACA JUGA: Mau Mudik Tapi Belum Booster? Tenang, Pemerintah Pertimbangkan Opsi Syarat Tes Antigen)

"Ya gapapa karena kalo memang harus begitu booster kan saat ini sudah banyak bisa di akses mulai vaksin, itu pilihan opsinya adalah kamu mau meluangkan mulai dari akhir maret ini sampe pertengahan bulan puasa untuk vaksinasi boster tapi mudikmu happy atau kamu males vaksin tapi kamu harus melakukan tes lagi untuk bisa mudik," ungkapnya

Dari kesiapan kendaraan pihak perusahaan sedang mulai memepersiapkan unit guna melayani perjalanan mudik lebaran nanti, selain itu pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan pihak terkait mengenai event mudik gratis yang akan di layani oleh bis miliknya.

"Informasi dari tim kami sudah kemungkinan insyaallah sudah ada job ke arah mudik gratis, bulan puasa nanti unit kami pasti istirahat dan akan kami lakukan pemeriksaan detail seperti interior, kaki kaki, kampas rem dan juga perawatan body," jelasnya.

Sebanyak tujuh unit miliknya sudah di siapkan guna mudik lebaran di tahun ini, selain itu seluruh unit miliknya yang di persiapkan sudah memasuki syarat lulus perizinan dari segi kelayakan dan tahun kendaraan untuk mudik lebaran.

"Yang pasti kita siap semua, kalo sesuai syarat kendaraan mudik unit kami sudah lulus semua, dari segi tahun maupun kondisi, Kami siapkan semua total ada 7 unit bus" tutupnya.

Admin
Penulis
-->