Jawaban Menohok Wagub Riza, Soal JPO Phinisi Tak Beratap dan Tidak Ramah Terhadap Pejalan Kaki

Jawaban Menohok Wagub Riza, Soal JPO Phinisi Tak Beratap dan Tidak Ramah Terhadap Pejalan Kaki

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat peresmian JPO Phinisi di kawasan Sudirman, Jakarta. -antaranews-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Jembatan penyeberangan orang (JPO) Phinisi garapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di kawasan Sudirman jadi sorotan. 

Sejumlah kritikan juga datang, karena JPO Phinisi tidak dilengkapi atap sehingga dinilai kurang ramah terhadap pejalan kaki.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan, pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) Phinisi di kawasan Sudirman memang dirancang dengan rancangan terbuka.

(BACA JUGA:ASN Makan Uang Rakyat, Mahfud: Sebelum Pensiun Anda Aman, Setelah Pensiun Anda Akan Dikejar Orang)

Hal itu diungkapkan Riza untuk menanggapi kritikan dari berbagai kalangan yang menyebutkan JPO Phinisi tidak ramah terhadap pejalan kaki karena tidak beratap.

"Memang dibedakan, kan ada JPO yang ada penutup atapnya, ada yang outdoor," katanya. 

"JPO ini selain difungsikan untuk penyeberangan orang dan jembatan, kemudian untuk sepeda. Memang didesain demikian, didesain terbuka agar lebih terbuka (udaranya)," sambung Riza di Jakarta, Sabtu, 12 Maret 2022.

(BACA JUGA:Jokowi Berkemah di Titik Nol IKN Nusantara, 33 Gubernur Hadir Bawa Air dan Tanah, Tapi Cuma Lima yang Ikut... )

Selain itu, kata Riza, JPO ini juga dibangun sebagai monumen penghargaan bagi tenaga kesehatan yang banyak berkorban hingga nyawa saat menghadapi pandemi COVID-19.

"Ini juga memang didesain sebagai penghargaan kita terhadap tenaga kesehatan yang telah gugur, pahlawan-pahlawan perjuangan menghadapi COVID-19," ucapnya.

JPO ini memang sempat dikritik berbagai pihak akibat tak memiliki atap sehingga disebut tak ramah pejalan kaki karena tak bisa melindungi dari cuaca panas dan hujan yang turun.

Seperti kejadian pada beberapa hari lalu, warga yang berswafoto di sayap JPO Phinisi berlarian saat hujan turun dan berpindah ke tengah tangga anjungan untuk berteduh. 

Warga berlarian karena JPO Phinisi Sudirman ini tidak beratap

Sebagai informasi, JPO Phinisi yang dirancang dengan konsep modern diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Kamis lalu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: