Buah Anggur Disebut 14 Kali dalam Alquran, ini Manfaatnya Menurut dr. Zaidul Akbar

Buah Anggur Disebut 14 Kali dalam Alquran, ini Manfaatnya Menurut dr. Zaidul Akbar

14 kali Disebut dalam Alquran, Ini Manfaat Buah Anggur | Image oleh Bruno /Germany dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bicara hidup sehat, salah satu cara untuk menempuhnya menurut ahli, adalah dengan rutin makan buah-buahan.

Salah satu buah-buahan yang menyehatkan untuk manusia, menurut pakar gaya hidup sehat ala islam, dr. Zaidul Akbar, adalah buah anggur.

Disebutkan belasan kali dalam Alquran, buah anggur menawarkan manfaat sehat yang luar biasa.

(BACA JUGA:Sehatnya Makan Tape, Ini Kata dr. Zaidul Akbar)

"Ada banyak buah yang disebutkan dalam Alquran, jika disebutkan maka ia pasti memiliki keistimewaan, khususnya dari sisi manfaat," kata dr. Zaidul Akbar seperti dikutip FIN dari Instagram-nya.

"Anggur salah satunya disebutkan 14x dalam Alquran. Salah satunya di surat An Nahl," tambah penggagas Jurus Sehat Rasulullah itu.

Berikut ini kutipan surat An Nahl yang dimaksud:

"Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.'' ( QS: An Nahl: ayat 11)

Menurut dokter umum itu, anggur adalah salah satu jenis buah kaya akan antioksidan. Itu berarti mengkonsumsi anggur baik untuk mencegah atau menurunkan risiko seseorang terkena kanker.

(BACA JUGA:Manfaat Minum Susu Kerbau Fermentasi Menurut dr. Zaidul Akbar)

Tidak hanya kaya akan antioksidan, buah anggur juga tinggi akan serat, yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah konstipasi, menjaga daya tahan tubuh, menjaga kadar gula darah dan sebagainya.

Selain ada antioksidan dan serat, buah anggur juga menawarkan enzim. Enzim sendiri dibutuhkan tubuh untuk membangun otot, dan menjaga kesehatan sistem penceranan.

"Di dunia, buah-buahan yang disebutkan Allah dalam Alquran , usahakan bisa kita konsumsi agar kita mendapat manfaatnya dan keberkahan dari buah0-buah yang Allah ciptakan tersebut," lanjut dr. Zaidul Akbar.

Selain buang anggur, berikut ini beberapa buah yang disebut di dalam Alquran:

•    Pisang (al-Waaqi’ah [56]: 28-33)
•    Zaitun (an-Nahl [16]: 10-11)
•    Kurma (ar-Ra’d [13]: 4)
•    Tin (Ibrahim [14]: 34)
•    Delima (al-An’aam [6]: 141)
(BACA JUGA:Kata dr. Zaidul Akbar, Makan Ini Bisa Bikin Bahagia Lho)

Sumber: