Manfaat Minum Susu Kerbau Fermentasi Menurut dr. Zaidul Akbar

Manfaat Minum Susu Kerbau Fermentasi Menurut dr. Zaidul Akbar

Ilustasi Susu Rendah Lemak, Image oleh Imo Flow dari Pixabay--

JAKARTA - Jika bicara konsumsi susu harian, maka dadih atau susu kerbau fermentasi adalah salah satu yang kurang populer di masyarakat Indonesia.

Padahal manfaat sehat susu kerbau fermentasi sudah terbukti melalui penelitian, salah satunya dilakukan oleh para peneliti di Jepang.

Menurut pakar gaya hidup sehat ala Islam, dr. Zaidul Akbar, konsumsi susu kerbau fermentasi ini punya benefit luar biasa jika diminum.

(BACA JUGA:Makan Tempe ala dr. Zaidul Akbar, tanpa Dimasak Cukup dengan Luluran Madu, Apa Manfaatnya?)

"Dalam penelitian yang dilakukan di jepang, dan banyak yang belum tahu ini, ternyata dadih/dadiah atau susu kerbau yang difermentasi, memilik efek menghentikan pertumbuhan sel-sel karsinogenik," kata dr Zaidul Akbar seperti dikutip FIN dari Instagram-nya.

Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu menambahkan, bahwa konsumsi susu kerbau fermentasi ini, juga punya benefit lain, dalam hal ini meningkatkan imunitas tubuh.

"Di samping itu “bakteri baik” yang ada dalam produk ini, juga memiliki kemampuan mengurangi bakteri patogen yang ada, sehingga amat sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, keren kan?,"  ungkapnya.

Dokter umum itu juga menambahkan bahwa konsumsi susu kerbau fermentasi ini, baik juga untuk kesehatan sistem pencernaan mereka yang meminumnya.

Dr. Zaidul Akbar juga mengatakan, jika ingin mendapatkan cita rasa yang lebih, dapat menggunakan pemanis alami.

"Dan sebenarnya ini kalau diolah atau custom taste, misalnya dengan gula aren cair, madu ataudijadikan campuran minuman gitu, akan lebih friendly dikonsumsi," sarannya.

Tidak lupa juga ia mengajak masyarakat untuk bangga mengkonsumsi produk fermentasi menyehatkan buatan lokal ini.

"Bangga dengan produk fermentasi sendiri, seperti orang Korea (Selatan) yang sangat pede dengan kimchi-nya.

(Minum susu kerbau fermentasi) bisa jadi solusi hidup sehat dengan bahan kita sendiri, seru khan, jangan nunggu diklaim orang luar dan akhirnya produk ini terlupakan," ucap dr. Zaidul Akbar mengingatkan.

Bahaya zat Karsinogenik

Karsinogenik adalah salah satu zat yang bertanggungjawab atas terbentuknya sel kanker pada tubuh manusia.

Zat yang sering tidak disadari atau mungkin sudah sadari namun terabaikan, masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan seperti sate, barbecue atau jenis konsumsi makanan lain yang melibatkan proses pemanggangan.

Meski bahanyanya nyata, namun bukan berarti Anda harus menghindari jenis makanan ini, hanya saja akan lebih aman jika Anda sendirilah yang bertanggungjawab dalam proses memasaknya.

Dengan membersihkan lelehan lemak pada perangkat memasak Anda, hal ini dapat mengurangi pembentukan PAH setidaknya sebesar 89 persen.

Perlu diketahui juga, memasak daging dalam temperatur tinggi juga akan akan membentuk heterocyclic amines (HA) atau yang terlihat sebagai bagian daging yang berwarna kehitaman (gosong), juga dikaitkan dengan risiko kanker.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: