Pemilu 2024 Ditunda, Faldo Maldini: Kaget Sama Imajinasinya, Terus Marah Sama Imajinasinya Sendiri, Kan Aneh

Pemilu 2024 Ditunda, Faldo Maldini: Kaget Sama Imajinasinya, Terus Marah Sama Imajinasinya Sendiri, Kan Aneh

Daftar partai politik yang ikut Pemilu 2019.--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pernyataan Presiden Joko Widodo soal penundaan Pemilu 2024 yang tengah bergulir jangan diutak-atik. 

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini mengatakan, pernyataan Jokowi soal usul penundaan Pemilihan Umum Pemilu Serentak 2024 tidak perlu diutak-atik.

"Statement Presiden sudah diucapkan, berarti sudah dapat dipahami, tidak usah utak-atik," kata Faldo di Jakarta, Senin, 7 Maret 2022.

(BACA JUGA:Soal Wacana Penundaan Pemilu 2024, Mahfud MD Ungkap Isi Rapat Kabinet Tahun Lalu, Jokowi Bilang Begini...)

Dia juga mengatakan pernyataan Presiden itu tidak perlu diterjemahkan dengan berbagai versi.

"Presiden sudah jelas bersikap. Jangan sampai ada yang bikin imajinasi, kaget sama imajinasinya, terus marah sama imajinasinya sendiri, kan aneh," katanya.

Pernyataan Jokowi terkait penundaan Pemilu Serentak 2024 tersebut, lanjutnya, harus dilihat di kerangka kenegaraan.

(BACA JUGA:Setelah 5 Hari, Akhirnya Delapan Jenazah Karyawan PTT Korban Pembantaian KKB Berhasil Dievakuasi )

Sesuai dengan Pasal 22 E Ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara RI 1945 tentang pemilihan umum yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

"Saya kira kita berada dalam sebuah konstruksi kenegaraan. Jadi, ini harus dilihat dalam kerangka kenegaraan. Jangan maunya Presiden, inginnya begini dan begitu dari elit-elit," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan semua pihak, termasuk dirinya, harus tunduk, taat, dan patuh pada konstitusi.

Artinya, siapa pun boleh saja mengusulkan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden, tapi pada pelaksanaannya semua pihak harus tunduk dan taat pada konstitusi, tegas Jokowi.

Usulan penundaan pemilu tersebut awalnya dilontarkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar seusai menerima perwakilan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Muhaimin mengklaim para pelaku usaha khawatir masa transisi kekuasaan dapat menyebabkan ketidakpastian di sektor ekonomi dan bisnis, sehingga ia mengusulkan Pemilu Serentak 2024 ditunda selama satu atau dua tahun.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: