Setelah 5 Hari, Akhirnya Delapan Jenazah Karyawan PTT Korban Pembantaian KKB Berhasil Dievakuasi

Setelah 5 Hari, Akhirnya Delapan Jenazah Karyawan PTT Korban Pembantaian KKB Berhasil Dievakuasi

Petugas menggotong kantong jenazah korban pembantaian menuju mobil ambulans di Bandara Mozes Kilangin Timika, Senin (7/3/2022).- Evarianus Supar-Antara

TIMIKA, FIN.CO.ID - Setelah lima hari paska pembantaian, akhirnya delapan jenazah karyawan PT Palapa Ring Telematika (PTT) berhasil dievakuasi.

Jenazah dievakuasi pada Senin, 7 Maret 2022 siang. Jenazah langsung dibawa ke kamar jenazah RSUD Mimika untuk proses identifikasi dan visum.

Mereka merupakan korban pembantaian kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Tower BTS 3 Kampung Jenggeran, Distrik Beoga Barat, Kabupaten Puncak, Papua.

(BACA JUGA:8 Karyawan PTT Korban Pembantaian KKB Papua Dievakuasi, Kapolda Papua: Mudah-Mudahan Semua Jenazah Bisa...)

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Kombes Pol Muhammad Firman mengatakan proses evakuasi delapan jenazah karyawan PT PTT berlangsung lancar dan aman.

Tim evakuasi yang terdiri atas sembilan personel Brimob Satgas Damai Cartenz berangkat dari Timika menuju lokasi para korban sekitar pukul 07.30 WIT. 

Tim berangkat  menggunakan empat helikopter yang terdiri atas tiga helikopter sipil dan satu helikopter TNI AD.

(BACA JUGA:Terungkap, Motif Pembantaian 8 Karyawan PTT oleh KKB Papua, Ternyata Ini Penyebabnya )

"Proses evakuasi berjalan lancar, tidak ada gangguan cuaca, dan situasi keamanan di sana," jelasnya, Senin 7 Maret 2022.

Tim evakuasi kemudian memasukkan delapan jenazah ke kantong jenazah yang sudah disiapkan. Delapan jenazah para korban kekejaman KKB itu kemudian diangkut dengan helikopter menuju Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

Selanjutnya delapan jenazah itu dibawa ke Bandara Mozes Kilangin Timika dengan Pesawat Twin Otter milik maskapai Rimbun Air PK-OTJ dari Bandara Bilogai Sugapa.

Tim evakuasi menyiagakan empat mobil ambulans untuk membawa delapan jenazah itu ke RSUD Mimika.

Firman mengatakan delapan jenazah itu segera dilakukan proses identifikasi dan visum oleh pihak medis RSUD Mimika.

Dia memastikan delapan kantong jenazah yang tiba di RSUD Mimika itu merupakan para karyawan PT PTT yang ditembak KKB pada Rabu (2/3) dini hari sekitar pukul 03.00 WIT di kamp lokasi tempat mereka mengerjakan perbaikan BTS 3 Telkomsel Proyek Palapa Ring Timur di Kampung Jenggeran, Distrik Beoga Barat, Kabupaten Puncak.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: