Sidak Pasar Serpong, Wamentan Harvick Ingin Pastikan Stok Bahan Pangan Aman Jelang Ramadhan

Sidak Pasar Serpong, Wamentan Harvick Ingin Pastikan Stok Bahan Pangan Aman Jelang Ramadhan

Didampingi Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Ketua DPRD Tangerang Selatan Abdul Rasyid, dan Kepala Pasar Tradisional Serpong Khalid, Wamentan RI Harvick Hasnul Qolbi sidak ke pasar tradisional Serpong, Rabu (2/3) untuk memastiukan ketersediaan s-Istimewa-Kementan RI

JAKARTA, FIN.CO.ID – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi sidak ke pasar tradisional di Serpong, Kota Tangerang Selatan pada Rabu 2 Maret 2022. Kunjungannya kali ini dalam rangka untuk meninjau ketersediaan stok pangan dan stabilitas harga di wilayah penyangga Ibu Kota Jakarta menjelang bulan suci Ramadhan.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada seluruh anggota kabinetnya. 

“Kami di anggota kabinet diminta langsung oleh Bapak Presiden dan Wakil Presiden, sesuai dengan tupoksinya masing-masing, untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas bahan pangan menjelang bulan Ramadhan, terutama di daerah-daerah penyangga,” ujar Wamentan Harvick kepada awak media, Rabu 2 Maret 2022.

(BACA JUGA:Ada Minyak dan Daging Murah di Gerai Vaksin Kota Tangerang, Cek Jadwal dan Lokasinya di Sini...)

Sambil didampingi Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie, Ketua DPRD Tangsel Abdul Rasyid, dan Kepala Pasar Tradisional Serpong Khalid, Wamentan Harvick menyempatkan diri untuk berdialog dengan sejumlah pedagang beras, telur, hingga pedagang daging ayam.

Usai berkeliling pasar Serpong, Wamentan Harvick menyampaikan bahwa ketersediaan bahan pokok maupun stabilitas harga di Kota Tangerang Selatan relatif aman. Meskipun stok daging di sejumlah lapak pasar tradisional di Serpong cenderung kosong.

Kosongnya stok daging segar ini memang disebabkan adanya aksi mogok berjualan yang dilakukan oleh pedagang. Untuk itu, Wamentan Harvick pun telah berkomunikasi dengan beberapa asosiasi pengusaha daging.

(BACA JUGA:Minyak Goreng Langka dan Mahal, Puan: Katanya Ada Panic Buying, Apakah Betul Karena Itu?)

“Tadi sudah kita lihat beberapa tempat (lapak) di pasar tradisional Serpong ini relatif stabil harganya dan juga ketersediaan bahan pokok. Meskipun untuk daging terlihat kosong, tapi saya sudah berkomunikasi dengan dua asosiasi pengusaha daging,” ujarnya.

Wamentan Harvick mengatakan, akan melaporkan hasil kunjungan di pasar tradisional Serpong ini dalam rapat dengan Presiden Jokowi dan juga Menteri Pertanian.

Sementara itu, Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie mengatakan, pihaknya memastikan rantai pasok bahan pangan di wilayahnya tetap terjaga. Sebab, menurutnya, jika rantai pasok ini terganggu dapat memicu kenaikan harga.

(BACA JUGA:Jual 26 Ton Minyak Goreng di atas Harga Normal, 8 Orang Ini Digelandang ke Polres Jaksel)

“Kami ingin memastikan rantai pasok jangan sampai terganggu. Maka dari itu, saya mendorong Dinas Perhubungan Kota Tangsel bersinergi untuk menjaga rantai pasok bahan pangan ini,” ujar Benyamin.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: