Kemenhub Siapkan Fast Boat Rute Padangbai - Lombok untuk Antisipasi Lonjakan Penonton MotoGP Mandalika

Kemenhub Siapkan Fast Boat Rute Padangbai - Lombok untuk Antisipasi Lonjakan Penonton MotoGP Mandalika

Kemenhub siapkan 6 Fast Boat tambahan untuk melayani rute Padangbai-Lombok, guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan menonton ajang MotoGP Mandalika 2022-HUmas Hubla-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem Bali merupakan salah satu pintu masuk menuju Lombok- NTB. Penumpang di pelabuhan tersebut mulai mengalami peningkatan menjelang perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika yang akan digelar 18 - 20 Maret mendatang.

Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang dengan menyiagakan sejumlah fast boat dengan rute pulang pergi dari Padangbai menuju Lombok.

Kepala KSOP Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengatakan hal ini merupakan bentuk dukungan transportasi laut untuk mensukseskan perhelatan MotoGP 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika.

(BACA JUGA:Sandiaga Uno: MotoGP Mandalika Harus Berkontribusi Besar Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja)

"Selain menggunakan kapal ferry, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat pelaksanaan MotoGP itu kami menyiapkan sebanyak 6 (enam) fast boat untuk keberangkatan rute Padangbai-Lombok," ujarnya, Rabu 23 Februari 2022. 

KSOP Padangbai saat ini menyiapkan 26 kapal ferry untuk mengangkut kendaraan penumpang menuju Pelabuhan Lembar. Jika nantinya terjadi lonjakan penumpang, pihaknya juga akan melakukan penambahan trip keberangkatan dan mengoperasikan 6 (enam) fast boat tersebut.

Adapun 6 (enam) fast boat tersebut adalah Eka Jaya 25 dan Eka Jaya 26 masing-masing berkapasitas 210 orang, Golden Queen berkapasitas 98 orang, Ostina 3 berkapasitas 118 orang, Marina Srikandi 02 berkapasitas 72 orang dan Grand Tanis Lembongan Express berkapasitas 156 orang.

(BACA JUGA:Rekayasa Lalin Disiapkan Agar 63 RIbuan Penonton MotoGP Mandalika Gak Kena Macet)

Dia mengungkapkan, saat ini sudah mulai banyak penumpang wisatawan asing yang naik dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, Lombok.

"Dari 6 (enam) fastboat tersebut 2 (dua) diantaranya sudah menyatakan menerima booking penumpang yaitu Tanis Lembongan Express dan Ostina 3," ungkapnya.

Fast boat ini memakan waktu tempuh yang lebih singkat dibanding kapal ferry yakni sekitar satu jam, sehingga banyak penumpang yang dipastikan akan antusias menaiki angkutan tersebut.

(BACA JUGA:Angkut Penonton MotoGP Mandalika, Kemenhub dan ITDC Siapkan Ratusan Shuttle Bus Gratis)

Penumpang diprediksi akan mengalami lonjakan untuk fastboat sekitar 3 (tiga) hari menjelang berlangsungnya MotoGP. 

"Fast Boat saat ini beroperasi secara bergantian, nanti begitu ada lonjakan, mereka siap melakukan ekstra trip," ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: