Tips Memulai Bisnis Online: Mulai dari Riset Pasar Hingga Optimalisasi Sosmed

Tips Memulai Bisnis Online: Mulai dari Riset Pasar Hingga Optimalisasi Sosmed

Optimalisasi sosial media untuk pemasaran/Ilustrasi-Photo by Tracy Le Blanc from Pexels-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bisnis penjualan secara digital merupakan trend yang sedang berkembang saat ini, dimana penetrasi bisnis secara online sendiri semakin besar ketika pandemi melanda dunia, yang kemudian hal itu mempersempit pergerakan manusia. 

Orang-orang yang semula mengandalkan toko fisik untuk usaha pemasaran, kini beralih ke media digital yang dianggap lebih praktis dan memiliki jangkauan luas, serta tidak terpisah jarak dan waktu sengga tak terpengaruh pembatasan pergerakan manusia.

Sepintas mungkin kelihatan sedikit menakutkan, namun seperti halnya apa pun yang belum familiar, yang perlu anda lakukan hanyalah mengambil langkah pertama dan terus bergerak, namun tetap memperhitungkan faktor risiko. 

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika ingin memulai bisnis online ialah memikirkan nama dan logo too digital anda.

Namun tak hanya itu saja yang harus dipersiapkan. Mengutip dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis online.

1. Lakukan riset pasar

Memahami pasar akan memberi anda kesempatan untuk mengetahui apakah itu akan menjadi bisnis yang sukses. Ini juga akan membantu anda untuk menyempurnakan ide.

2. Rencana bisnis

Banyak bisnis yang memulai dan menjadi sukses tanpa rencana. Namun, penelitian menunjukkan bahwa perencanaan bisnis akan meningkatkan pertumbuhan sebesar 30 persen hingga 70 persen lebih cepat dari bisnis yang tidak memiliki rencana.

Rencana penting sebagai pemilik bisnis untuk membuat anggaran, menetapkan tujuan penjualan, dan mendokumentasikan strategi pemasaran dan penjualan.

3. Pemilihan produk

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: berbagai sumber