Sholawat Ibu Kota Negara Viral, Begini Bunyi dan Artinya

Sholawat Ibu Kota Negara Viral, Begini Bunyi dan Artinya

KH Achmad Chalwani melantunkan Sholawat Ibu Kota Negara (IKN)-Screenshoot @jejakwidodo -YouTube

JAKARTA, FIN.CO.ID – Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Tengah KH Achmad Chalwani pada empat tahun lalu melantunkan doa supaya Ibu Kota Negara (IKN) pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Doa yang disampaikan Achmad Chalwani terkabul. Pemerintah akhirnya memutuskan akan memindahkan IKN ke Penajam Paser Utara Kalimantan Timur pada 2024 mendatang.  

Yang menarik, doa pemindahan IKN yang dilantunkan Achmad Chalwani tersebut bentuknya sholawatan. Achmad Chalwani mengubahnya menirukan lagu Sholawat Nahdliyyah.

(BACA JUGA:Terungkap! Ibu Kota Negara di Kaltim Ternyata Pernah Didoakan Kiai NU 4 Tahun Lalu, Ngak Percaya? Nih Buktinya)

Dari channel YouTube @jejakwidodo yang dilihat FIN pada Senin (14/2/2022), warga Nahdlatul Ulama (NU) di Kaltim sudah hafal dengan sholawatan tersebut.

Mereka menyebutnya "Sholawat IKN". Lagu tersebut biasanya dilantunkan dalam momen majelis taklim dan pengajian. Kini Sholawat IKN populer di Kaltim.

Begini bunyi dan arti Sholawat IKN tersebut: "Allahuma sholli ala sayyidina Muhammad, Sholatan tunqilu biha asimata... asimata Indonesia min Jakarta ila Kalimantan sarqiyah. Waala alihi wasohbihi wassalim"

(BACA JUGA:Jakarta Bukan Lagi Ibu Kota Negara, Anies Bilang Akan Tetap Macet Karena... )

(Semoga Allah melimpahkan sholawataNya (rahmatNya ) atas Nabi Muhammad, dengan sholawat (Allah SWT) yang dapat memindahkan ibukota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Dan atas keluarga (Nabi), sahabat semoga keselamatan kepadanya)

"Lha sakniki pun dadi keputusan. Kulo watawes setengah wulan kepengker kulo ngaji teng mriko. Tiyang mriko sanjang kabul Pak kiai penyuwune riyen njenengan sing kawal dungo sekawan tahun kepengker. Okeh wong Kalimantan Timur sing seneng lan wis apal karo sholawatan niku (Sekarang sudah jadi keputusan. Saya sekitar setengah bulan lalu pengajian di sana. Orang-orang di sana bilang Pak Kiai doa yang dimintakan dikabulkan. Dulu Anda yang menyusun doa empat tahun yang lalu. Banyak orang Kalimanan Timur yang senang dan hafal dengan sholawatan itu)," ujar Achmad Chalwani.

Menurut pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi, Berjan, Gebang, Purworejo, Jawa Tengah ini, mayoritas anggota parlemen sudah setuju pemindahan IKN. Yang tidak setuju hanya satu. Yaitu PKS. 

(BACA JUGA:Ibu Kota Negara Pindah, Jakarta akan Alami Kemunduran, Ini Komentar Wagub Riza)

Dikatakan, jika di Kalimantan nantin bisa mengurangi aksi demonstrasi. "Wong nek arep demo nang Kalimantan kan ragate akeh. Nek nang Jakarta nyepur wae iso. Niku utek Pak Jokowi nggeh ngoten niku (orang kalau mau demo ke Kalimantan kan biayanya banyak. Kalau ke Jakarta naik kereta api saja bisa. Itulah kecerdasan otaknya Pak Jokowi ya begitu)," imbuhnya.

Dukungan kepindahan IKN, lanjutnya, juga didukung oleh ulama besar Banjarmasin. Yakni Tuan Guru Sekumpul.  Achmad Chalwani menyebut jauh-jauh hari Tuan Guru Sekumpul sudah menyebut hal itu. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Huse

Tentang Penulis

Sumber: