Sulit Terdeteksi, Berikut Ciri-ciri Demam Berdarah

Sulit Terdeteksi, Berikut Ciri-ciri Demam Berdarah

--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit infeksi virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Penyakit demam berdarah berisiko menyebabkan komplikasi serius bila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyakit ini lebih sering terjadi saat musim hujan, sebab genangan air menjadi tempat yang ideal bagi nyamuk tersebut untuk berkembang biak.

(BACA JUGA:Pengendalian Mimpi Lewat Mimpi Jernih)

Dilansir dari Alodokter.com, umumnya gejala atau tanda demam berdarah biasanya akan muncul sekitar 4–7 hari setelah tergigit nyamuk Aedes aegypti.

Ciri-ciri demam berdarah sering kali sulit terdeteksi karena hampir menyerupai gejala penyakit lain, seperti tipes atau Covid-19.

Berikut ini adalah beberapa gejala demam berdarah dengue yang dapat dikenali:

(BACA JUGA:Agar Fresh saat Terbangun dari TIdur)

1. Demam Tinggi

Ciri-ciri demam berdarah yang paling umum terjadi adalah perubahan suhu secara tiba-tiba yang bisa mencapai 40°C. Demam dapat berlangsung hingga 2–7 hari, tetapi suhu tubuh biasanya akan turun pada hari ke-4 atau ke-5, lalu akan naik kembali di hari berikutnya.

Selama demam mereda, bukan berarti penyakit demam berdarah sudah sepenuhnya sembuh, justru proses peradangan masih terus terjadi di dalam tubuh.

(BACA JUGA:Amakankah Makan Daging Kambing jika Darah Tinggi?)

2. Ruam Pada Kulit

Selain demam tinggi, ruam merah di kulit juga dapat muncul di bagian wajah, leher, hingga dada. Umumnya, ruam tersebut timbul setelah demam dan berlangsung selama 1–5 hari.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: