Benarkah Covid-19 Bisa Membahayakan Peluang Kehamilan Wanita? Penelitian Ini Berikan Jawabannya

Benarkah Covid-19 Bisa Membahayakan Peluang Kehamilan Wanita? Penelitian Ini Berikan Jawabannya

Wanita hamil. (Net) -Marncom-Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID – Ada kabar bahwa wanita yang sudah pernah terpapar Covid-19 akan membahayakan peluang mereka untuk dapat hamil, benarkah?

Menurut temuan dalam makalah yang diterbitkan American Journal of Epidemiology oleh para peneliti di Boston University School of Public Health, hal tersebut sama sekali tidak mempengaruhi apa pun.

Akan tetapi bagi para pria yang tidak mendapat suntikan vaksin Covid-19 dan tertular infeksi virus corona dapat mengurangi kesuburan.

Dalam sebuah penelitian terhadap pasangan yang mencoba untuk hamil, penelitian tersebut tidak menemukan hubungan antara vaksinasi Covid-19 dan kemungkinan pembuahan pada pasangan wanita atau pria yang menerima vaksin Pfizer-BioNTech, Moderna, atau Johnson & Johnson.

(BACA JUGA:Benarkah Covid-19 Bisa Membahayakan Peluang Kehamilan Wanita? Penelitian Ini Berikan Jawabannya)

(BACA JUGA:Dari Moto3 Lompat ke MotoGP, Darryn Binder: Saya Tak Ingin Lakukan Sesuatu yang Terlalu Gila)

“Banyak individu usia reproduktif menyebutkan kekhawatiran tentang kesuburan sebagai alasan untuk tetap tidak divaksinasi,” kata Amelia Wesselink, asisten profesor peneliti SPH dari epidemiologi dan penulis utama studi tersebut.

Tingkat vaksinasi di antara orang hamil tetap sangat rendah di Amerika Serikat, meskipun data baru menunjukkan bahwa tidak divaksinasi meningkatkan kemungkinan keguguran atau bayi meninggal dalam bulan pertama kehidupan.

“Studi kami menunjukkan, untuk pertama kalinya, bahwa vaksinasi Covid-19 pada salah satu pasangan tidak terkait dengan kesuburan di antara pasangan yang mencoba untuk hamil melalui hubungan seksual,” kata Wesselink.

“Waktu hingga kehamilan sangat mirip terlepas dari status vaksinasi.” Ucapnya menambahkan.

(BACA JUGA:Ssst! Edy Mulyadi Bakal Dikirimin Jin, COD Lagi )

(BACA JUGA:Haji Faisal Tak Izinkan Gala Sky Bertemu dengan Sembarang Orang: Saya Ngeri!)

COVID Mengurangi Kesuburan Pria, Vaksin Tidak

Wesselink dan timnya menganalisis data survei tentang vaksinasi Covid-19, infeksi, dan fekundabilitas dari kemungkinan pembuahan per siklus menstruasi di antara peserta wanita dan pria dalam Studi Kehamilan Online (PRESTO) berbasis SPH.

Sebuah studi yang didanai National Institutes of Health yang mendaftarkan wanita yang mencoba untuk hamil, PRESTO mengikuti subjek dari prakonsepsi hingga enam bulan setelah melahirkan.

Peserta termasuk 2.126 wanita di Amerika Serikat dan Kanada yang memberikan informasi tentang sosiodemografi, gaya hidup, faktor medis, dan karakteristik pasangan mereka dari Desember 2020 hingga September 2021. Para peserta diikuti dalam penelitian hingga November 2021.

(BACA JUGA: 'Semprot' Pengacara Doddy Sudrajat, Dewi Tanjung Tuding Firdaus Oiwobo Numpang Tenar: Gak Cerdas Anda!)

(BACA JUGA:Kasus Rahmat Effendi, KPK Cecar Ketua DPRD Kota Bekasi Soal Pengajuan Anggaran Proyek dan Aliran Uang)

Tingkat kesuburan di antara peserta perempuan yang menerima setidaknya satu dosis vaksin hampir identik dengan peserta perempuan yang tidak divaksinasi.

Mereka juga serupa untuk pasangan pria yang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19 dibandingkan dengan peserta pria yang tidak divaksinasi.

Analisis tambahan yang mempertimbangkan jumlah dosis vaksin, merek vaksin, riwayat infertilitas, pekerjaan, dan wilayah geografis juga menunjukkan tidak ada efek samping vaksinasi terhadap fertilitas.

Meskipun infeksi Covid-19 tidak sangat terkait dengan kesuburan, pria yang dites positif Covid dalam 60 hari dari siklus tertentu telah mengurangi kesuburan dibandingkan dengan pria yang tidak pernah dites positif, atau pria yang dites positif setidaknya 60 hari sebelumnya.

(BACA JUGA:Punya Tensi di Atas 200 mmHg, Apa Bahayanya?)

Hal tersebut jelas mendukung penelitian sebelumnya yang mengaitkan infeksi Covid-19 pada pria dengan kualitas sperma yang buruk dan disfungsi reproduksi lainnya.

“Temuan ini memberikan bukti yang meyakinkan bahwa vaksinasi COVID pada salah satu pasangan tidak memengaruhi kesuburan di antara pasangan yang mencoba untuk hamil,” kata Lauren Wise, profesor epidemiologi SPH dan penulis senior dalam penelitian tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Risto Risa

Tentang Penulis

Sumber: