Heboh Arteria Dahlan Dapat Pelat Nomor Dinas Polri, Kapolri: Satu Nomor untuk Satu Mobil, Nggak Bisa Digandakan

Heboh Arteria Dahlan Dapat Pelat Nomor Dinas Polri, Kapolri: Satu Nomor untuk Satu Mobil, Nggak Bisa Digandakan

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo -Humas Polri-twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Heboh pelat nomor dinas Polri untuk Arteria Dahlan, langsung direspons oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Aturan pemberian pelat nomor dinas Polri untuk anggota DPR RI akan dievaluasi.

Pelat nomor dinas Polri hanya boleh digunakan untuk satu mobil saja. Tidak boleh dipakai untuk beberapa kendaraan. 

(BACA JUGA:Nggak Cuma Pelat Dinas Polri, Arteria Dahlan Juga Dapat Pengamanan dan Pengawalan)

"Terkait pelat nomor, biasanya memang pelat khusus itu diberikan kepada anggota yang melakukan pengawalan atau mendampingi. Atau bisa juga dibutuhkan oleh anggota terkait eselon-eselon tertentu," ujar Sigit saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Karena itu, lanjutnya, Mabes Polri akan mengevaluasi aturan pelat nomor dinas Polri di dalam Peraturan Kapolri (Perkap). "Tentu evaluasi akan dilakukan. Karena terkait dengan penggandaan pelat. Satu pelat untuk satu personel. Semua ada aturannya di Perkap. Kita akan perbaiki untuk evaluasi," paparnya.

Seperti diberitakan, Polri akhirnya buka suara terkait pelat nomor dinas polisi pada lima mobil milik anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan.

(BACA JUGA:Polemik Pelat Nomor Dinas Polri Milik Arteria Dahlan, Dirlantas Membantah )

Polisi mengakui sengaja memberikan pelat nomor dinas polisi tersebut kepada Arteria Dahlan.  

Versi polisi, pemberian pelat nomor dinas polisi itu untuk menunjang kegiatan pengamanan dan pengawalan. Alasan lainnya Arteria Dahlan merupakan pejabat negara.

"Memang diberikan kepada yang bersangkutan. Kecuali pelat nomor itu dibuat sendiri. Intinya untuk membantu. Jadi begini. Seseorang pejabat diberikan nomor tersebut tentunya untuk kegiatan pengamanan dan pengawalan kepada yang bersangkutan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Jakarta, Senin (24/1/2022).

(BACA JUGA:IPW Desak Polisi Usut Tuntas Pelat Nomor Mobil Arteria Dahlan)

Tak hanya diberi pelat nomor dinas Polri. Arteria Dahlan juga mendapat pendampingan oleh anggota Polri. Ramadhan menyebut pelat nomor dinas Polri tersebut digunakan untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar nomor polisi 4196-07 atas nama Arteria Dahlan.

"Beliau juga didampingi anggota Polri. Setelah dilakukan pengecekan pada nomor polisi tersebut, memang digunakan untuk kendaraan Pajero atas nama beliau. Jadi sudah jelas ya penjelasan atas kendaraan tersebut," papar Ramadhan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Huse

Tentang Penulis

Sumber: berbagai sumber