Kisah Rasulullah dan Kucing Kesayangan-Nya Muezza

Kisah Rasulullah dan Kucing Kesayangan-Nya Muezza

Ilustrasi Kucing-Pexels - Pixabay-

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kucing dalam pandangan Islam adalah hewan yang suci dan jauh dari najis. Hewan yang lucu dan menggemaskan ini adalah salah satu hewan istimewa dalam Islam. 

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam bahkan diriwayatkan memiliki kucing peliharaan bernama Muezza yang sangat beliau sayangi.

Rasulullah begitu mengasihi kucingnya. Menurut sebuah kisah, suatu hari Nabi hendak berangkat shalat dan mempersiapkan diri serta berpakaian.

(BACA JUGA:Mengapa Mukmin Dianjurkan Baca Surah Al-Kahfi di Awal Hari Jumat? )

Saat akan mengambil jubahnya, Rasulullah menemukan Muezza tidur beralaskan jubah itu. Bukannya membangunkan tidur Muezza, Rasulullah  justru memilih memotong sebagian jubahnya dan membiarkan Muezza tetap tidur di atas jubah yang telah terpotong. 

Sepulangnya dari shalat, Rasulullah mendapati Muezza sudah terbangun dan bersujud padanya, Rasulullah pun membalas dengan mengelus tubuhnya sebanyak tiga kali.

Kisah lain juga mengungkapkan ketika memberikan ceramah di rumah, Rasulullah selalu memangku Muezza. Rasulullah juga menggunakan air wudhu yang telah digunakan Muezza untuk minum.

(BACA JUGA:Pentingnya Tabayyun Dalam Agama Islam, Untuk menghindari Fitnah)

Sebagai hewan kesayangan Rasulullah, kucing bahkan masuk dalam hadis-hadis. Kucing juga hadir dalam berbagai perjalanan peradaban Islam.

Keistimewaan kucing dalam Islam dapat dilihat dari hadis Nabi dan peninggalan-peninggalan Islam. 

Dalam tradisi Islam, kucing dikagumi karena kebersihannya. Bahkan karena kebersihannya, kucing diizinkan masuk ke rumah dan bahkan masjid, termasuk di Masjid al-Haram.

(BACA JUGA:Awali Harimu dengan Zikir untuk Ingat Allah Ta'ala)

Sigit Nugr

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI

google news icon

Sumber: