Keutamaan Orang yang Memberi Utang ke Mereka yang Membutuhkan

Keutamaan Orang yang Memberi Utang ke Mereka yang Membutuhkan

Ilustrasi uang-Mohamad Trilaksono-Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID- Utang piutang adalah sesuatu yang dibolehkan di dalam Islam. Bahkan ada pahalanya jika si pemberi utang memberi dengan niat membantu karena Allah ta'ala. 

Dalam shohih Muslim pada Bab ‘Keutamaan berkumpul untuk membaca Al Qur’an dan dzikir’, dijelaskan: Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang Indonesianya:

“Barangsiapa meringankan sebuah kesusahan (kesedihan) seorang mukmin di dunia, Allah akan meringankan kesusahannya pada hari kiamat."

"Barangsiapa memudahkan urusan seseorang yang dalam keadaan sulit, Allah akan memberinya kemudahan di dunia dan akhirat."

"Barangsiapa menutup ‘aib seseorang, Allah pun akan menutupi ‘aibnya di dunia dan akhirat. Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebtu menolong saudaranya.” (HR. Muslim no. 2699).

Memberi utang kepada orang yang membutuhkan, merupakan cara untuk membantunya dan meringankan kesusahanya. 

Olehnya itu, dalam Hadi yang mulia di atas, memberikan utang kepada orang merupakan sarana untuk membantu orang tersebut dari kesulitan. 

Dalam Tuhfatul Ahwadzi (7/261) dijelaskan maksud hadits ini yaitu: 

“Memberi kemudahan pada orang miskin –baik mukmin maupun kafir- yang memiliki utang, dengan menangguhkan pelunasan utang atau membebaskan sebagian utang atau membebaskan seluruh utangnya.”

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa memberi tenggang waktu bagi orang yang berada dalam kesulitan untuk melunasi hutang atau bahkan membebaskan utangnya, maka dia akan mendapat naungan Allah.” (HR. Muslim no. 3006).

Selain anjuran membantu dengan cara memberiakan utang, dalam Islam juga diajarkan cara menagih utang dengan baik.

Dalam Shohih Bukhari dibawakan Bab ‘Memberi kemudahan dan kelapangan ketika membeli, menjual, dan siapa saja yang meminta haknya, maka mintalah dengan cara yang baik’.

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Nama

Tentang Penulis

Sumber: