LIGA 1: Liburan Bukan Berarti Malas-malasan

LIGA 1: Liburan Bukan Berarti Malas-malasan

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah sepakat untuk memberhentikan kompetisi Liga 1 dan 2 Indonesia selama dua pekan. Tak ayal, masa jeda kompetisi itu membuat sebagian klub menghentikan agenda latihan dan memilih meliburkan pemainnya menyusul semakin merebaknya wabah virus korona atau Covid-19 yang kini tengah menjadi pandemik global. Seperti yang dilakukan salah satu klub Liga 1 Indonesia, PS TIra Persikabo yang memilih meliburkan skuat Laskar Padjajaran -julukan Tira Kabo- selama satu pekan mulai Minggu (15/3) lalu. Meski menjalani masa libur, namun tak serta merta skuat Laskar Padjajaran menghentikan aktifitasnya untuk berolahraga. Seperti yang dilakukan Abduh Lestaluhu yang mengaku bahwa dirinya tetap menjalani latihan ringan untuk menjaga kondisi tubuhnya. "Aktivitas liburan kali ini lebih banyak di rumah bersama keluarga. Karena kita semua tahu kondisi saat ini seperti apa di luar sana. Tapi itu tidak membuat saya berleha-leha. saya tetap latihan di rumah untuk tetap menjaga kondisi agar tidak drop,” ucap Abduh dalam kutipan komentar yang diterima Fajar Indonesia Network (FIN), Kamis (19/3) kemarin.

BACA JUGA: Masjid Baiturahman Kompleks Parlemen Disemprot Disinfektan

Terkait ancaman virus Corona yang sewaktu-waktu bisa menghampiri, mantan pemain Persija Jakarta ini mengimbau para suporter Laskar Padjajaran untuk tidak merasa takut yang berlebihan. Ia juga mengajajak para suporter menerapkan pola hidup sehat, tidak lupa melakukan olahraga, dan mengikuti arahan dari pemerintah setempat. "Virus ini memang berbahaya karena belum ditemukan obatnya. Tapi virus ini bisa kita lawan dengan pola hidup yang sehat dan selalu berolahraga," ujarnya. "Saya pikir tidak usah terlalu takut. Jaga kebersihan diri dan jauhi tempat-tempat ramai. Ikuti himbauan dari dinas kesehatan serta pemerintah setempat. Dan jangan lupa selalu berdoa ," tutur Abduh. Hal serupa juga dilakukan oleh pemain muda Persija Jakarta, Adrianus Dwiki. Seperti dilaporkan situs resmi klub, gelandang kelahiran 1 Mei 2000 itu rutin berolahraga kardio di rumah, seperti berlari dan bersepeda. tak lupa hal tersebut juga diimbangi dengan makan yang bergizi serta istirahat yang cukup. "Pasti harus ada kesadaran diri sendiri. Kita bisa latihan di rumah, istirahat yang cukup dan menjaga pola makan, Empat sehat Lima sempurna,” tutur pemain bernomor punggung 81 tersebut.

BACA JUGA: Stok Darah Bisa Habis, Pemkab Perbolehkan Donor Keliling

Soal ancaman virus yang berasal dari Wuhan, China itu, Dwiki mengatakan agar seluruh masyarakat Tanah Air bisa mengikuti apa yang di arahkan oleh pemerintah untk tetap berada di dalam rumah dan menghindari tempat keramaian. "Selain makan yang harus dijaga, kita juga harus mematuhi kebijakan pemerintah yang mengharuskan kita stay at home (tetap berada di rumah). Selain itu kita harus rajin cuci tangan,” tuntasnya. Sebagaimana diketahui, pemerintah terus menghimbau kepada masyarakat agar melakukan social distancing atau menjaga jarak. Hal itu dinilai cukup efektif untuk mengurangi dampak penyebaran virus Corona. Selain itu, tak lupa pemerintah juga menyarankan agar masyarakat bisa menjaga pola hidup sehat dengan melakukan olahraga secara rutin, dan makan-makanan bergizi. (fin/tgr)

Sumber: