Klopp Ungkap Strategi Paksa Kalahkan Mourinho

Klopp Ungkap Strategi Paksa Kalahkan Mourinho

LIVERPOOL — Kemenangan dramatis diraih Liverpool saat menjamu Tottenham Hotspur di pekan ke-13 Premier League Inggris. Saling memberi ancaman sepanjang laga, Liverpool keluar sebagai pemenang berkat gol di menit ke-90. Liverpool membuka keunggulan di menit ke-26 lewat gol Mohammad Salah. Dikepung di kotak penalti, Salah melepaskan tembakan yang membentur kaki pemain Spurs dan membuat kiper mati langkah. Heung-min Son kemudian menyamakan kedudukan di menit ke-33 setelah lolos dari jebakan offside. Saat laga terlihat akan berakhir imbang, Roberto Firmino mencetak gol kemenangan lewat tandukan  memanfaatkan bola mati.

BACA JUGA: Ade Armando: ILC Media Diskusi Mencerahkan, Sayang Ditunggangi Kadrun

Mengenai kemenangan dramatis atas tim asuhan Jose Mourinho ini, Juergen Klopp mengaku senang. “Itu tidak terjadi terlalu sering sekarang di musim ini – mencetak gol saat-saat akhir dalam permainan. Saya tidak punya masalah untuk memulainya lagi, mencetak gol terlambat jika diperlukan,” ujarnya di situs Liverpool. Walau demikian, Klopp menegaskan mereka pantas menang. “Tapi saya pikir kami pantas mendapatkan tiga poin malam ini. Tentu saja Tottenham memiliki peluang, saya tahu mereka mencetak gol dan keputusan offside yang luar biasa ketat – kami benar-benar tidak beruntung dengan momen-momen ini,” tegasnya. “Mereka memiliki peluang lain. Kami tidak bisa menjaga Harry Kane [selama] 90 menit. Son, Bergwijn – kecepatan yang mereka miliki luar biasa. Tetapi pada saat-saat ini kami sepenuhnya bertanggung jawab atas permainan, yang penting, tetap berkonsentrasi, melindungi serangan kami secara sensasional dengan baik, counter-press bagus, passing bagus,” lanjutnya.

BACA JUGA: Diduga Lecehkan Penumpang, Petugas Rapid Test Bandara Soetta Didakwa Pasal Berlapis

Klopp menyebut ini laga yang sangat berat. Dalam catatan statistik Live Score, The Reds melakukan hingga 77 persen penguasaan bola dan melepaskan 11 tembakan tepat sasaran. “Tentu saja, tidak semua upaya kami mengarah pada peluang yang tepat karena mereka berada jauh di dalam kotak dan mempertahankan semua bola tinggi,” ujarnya. Pelatih berpaspor Jerman itu menyebut mereka melakukan semua upaya untuk menjebol gawang Spurs. Dari upaya kreatif hingga paksa. “Jadi kami harus kreatif dan anak laki-laki itu kreatif dan mereka bertahan. Dan jika tidak, maka paksakan. Gol pertama kami memaksakan sedikit dan yang kedua dengan bola mati sangat bagus,” jelas Klopp. Terkait gol Firmino, Klopp mengatakan, “Kami tidak punya banyak waktu untuk mengerjakan banyak hal, tetapi kami selalu meluangkan waktu untuk melakukan setidaknya set-piece dengan benar dan itu berhasil lagi.” (amr/fajar)

Sumber: