News

Fakta-Fakta dan Penyebab Kecelakaan Maut Bus Trans Putera Fajar yang Bawa Rombongan SMK Lingga Kencana Depok

fin.co.id - 14/05/2024, 12:16 WIB

Polisi beberkan penyebab kecelakaan maut bus Trans Putera Fajar di Subang

FIN.CO.ID - Fakta-fakta penyebab kecelakaan maut Bus Trans Putera Fajar yang mengangkut rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Depok dibeberkan aparat kepolisian.

Kecelakaan yang terjadi di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada Sabtu, 11 Mei 2024 mengakibatkan 11 orang meninggal dunia, 10 diantaranya berasal dari SMK Lingga Kencana Depok dan seorang lagi warga sekitar lokasi kecelakaan.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat, Kombes Wibowo mengatakan kecelakaan disebabkan akibat gagalnya fungsi rem.

"Dapat kita simpulkan penyebab terjadinya laka melibatkan bus Putera Fajar disebabkan karena kegagalan fungsi rem," katanya kepada awak media, Selasa 14 Mei 2024.,

Diungkapkannya, pihaknya menuturkan beberapa fakta terkait tidak berfungsinya rem bus itu.

"Fakta-fakta yang pertama di dalam kantong ruang udara kompresor ditemukan campuran oli dan air. Harusnya ruang udara ini udara saja tidak dicampur oli dan air. Kenapa saya sebut air karena ada proses pengembunan atau kondensasi yang ditimbulkan karena adanya uap air bertemu dengan permukaan lebih dingin, kenapa sampai muncul oli, karena terjadi kebocoran oli di relpump. Menandakan bahwa perawatan tidak dilakukan secara rutin," ungkapnya.

BACA JUGA:

Kemudian, diduga bus itu tidak melakukan penggantian oli mesin secara rutin.

"Fakta dua, oli pada kendaraan berwarna keruh ini menandakan oli tidak diganti dalam waktu cukup lama. Ditemukan juga dalam minyak rem kandungan air yang dilebihi 4% dengan indikator menyala. Fakta ketiga jarak antara kanvas rem standar 0,45 mm hasil pemeriksaan tadi jarak atau celah kanvas rem berada pada 0,3 mm artinya dibawah standar yang ditentukan," tuturnya.

"Terakhir fakta keempat, terjadi kebocoran didalam ruang relay part dan sambungan antara relay part dan booster. Kenapa ini bisa terjadi karena ada oren ininya sudah aus atau rusak sehingga sambungan tidak tertutup dan rapat ini mengakibatkan angin berkurang sehingga booster hidrolik piston tidak maksimal," lanjutnya.

Sopir Bus Trans Putera Fajar Ditetapkan Sebagai Tersangka

Sopir Bus Trans Putera Fajar resmi ditetapkan sebagai tersangka kecelakaan maut di Subang yang menewaskan 11 orang, 10 diantaranya rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Depok.

Sopir Bus Trans Putera Fajar ditetapkan sebagai tersangka karena dinilai tahu kondisi rem bermasalah namun tetap melanjutkan perjalanan.

Dirlantas Polda Jabar Kombes Wibowo mengatakan penetapan tersangka terhadap sopir bus Putera Fajar bernama Sadira berdasarkan sejumlah bukti yang telah diperoleh aparat kepolisian.

Dalam mengumpulkan bukti, pihaknya telah memeriksa sebanyak 13 orang saksi, termasuk 2 saksi ahli.

"Dari hasil pemeriksaan tersebut, kita sudah menyimpulkan dan menetapkan 1 tersangka yaitu pengemudi bus Putera Fajar, atas nama Sadira," ujarnya, Selasa, 14 Mei 2024.

Gatot Wahyu
Penulis
-->