Jalan Raya Narogong Akan Jadi Tempat Uji Emisi di Bekasi yang Digelar Dinas Lingkungan Hidup

Jalan Raya Narogong Akan Jadi Tempat Uji Emisi di Bekasi yang Digelar Dinas Lingkungan Hidup

Ilustrasi uji emisi. (ist)--

Polusi Udara, Bekasi - Salah satu upaya menekan polusi udara di Kota Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup (LH) akan menggelar uji emisi gratis untuk kendaraan. 

Tempat Uji Emisi di Bekasi untuk kendaraan secara gratis, pertama kali akan dilaksanakan di Jalan Raya Narogong, Kecamatan Rawalumbu. 

Dinas LH Kota Bekasi juga akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub), serta beberapa bengkel yang ada di wilayahnya terutama yang mempunyai alat uji emisi.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKLH) pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Andy Frengky. 

"Karena memang bengkel-bengkel tersebut di awal bulan September kita akan memberikan pelatihan sebagai penguji emisi kendaraan bermotor," ungkap Andy Frengky, Jumat 25 Agustus 2023. 

Rencananya Uji emisi gratis akan dilakukan pada tanggal 26 September 2023 mendatang, dengan target sebanyak 200 kendaraan di Kota Bekasi. 

BACA JUGA :

"Jadi uji emisi rencana bertepatan dengan hari kesehatan lingkungan, 26 September 2023. Rencananya akan satu titik, tapi nanti berkembang," jelasnya.

Kendaraan yang tidak lolos uji emisi, akan mendapat rekomendasi dari petugas pemeriksa untuk dilakukan pemeliharaan kendaraan lebih lanjut.

"Yang tidak lolos kan berarti dia kita rekomendasikan untuk bisa melakukan pemeliharaan, gas karbon kan tinggi, di bengkel-bengkel mereka," ucapnya.

Hingga kini, Andy Frengky belum memutuskan teknis pelaksanaan uji emisi gratis bagi ratusan kendaraan di wilayah Kota Bekasi.

Namun pihaknya tengah menganalisa, metode yang sangat tepat guna pelaksanaan uji emisi gratis bagi seluruh kendaraan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: