Buntut Kasus Tewasnya Siswa STIP yang Dianaya Senior, Kemenhub Perbanyak CCTV di Blank Spot STIP

Buntut Kasus Tewasnya Siswa STIP yang Dianaya Senior, Kemenhub Perbanyak CCTV di Blank Spot STIP

Putu Satria, korban penganiayaan seniornya di STIP --ist

FIN.CO.ID – Kasus tewasnya Putu Satria Ananta Ratika, siswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) yang dianiaya seniornya langsung ditanggapi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Agar tragedi tewasnya Putu Satria tak terulang di kemudian hari, Kemenhub melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) langsung memperbanyak Closed Circuit Television (CCTV) di beberapa titik STIP.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyebut, hal tersebut dilakukan untuk memantau pergerakan dan aktivitas di lingkungan area STIP di area-area blank spot.

“Pihak sekolah juga telah melakukan penambahan CCTV di beberapa titik blank spot,” tuturnya dalam video resmi pernyataan yang dikutip pada Senin, 6 Mei 2024.

Kemudian, Adita juga menjelaskan keterkaitan pemangku kepentingan terkait dalam membentuk karakter para taruna.

BACA JUGA:

“Melibatkan secara aktif stakeholders yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter seperti misalnya ikatan alumni dan asosiasi profesi pelautSementara itu, kata Adita.

Adapun, sekolah tetap melakukan proses pembelajaran dengan menerapkan sistem hybrid per tingkat semester, yang tiap minggunya yang akan dilaksanakan secara bergantian.

“Sekolah juga telah menambah personel pengasuh dan pengawas yang ditempatkan di area sektor pendidikan meliputi area kelas akses tangga dan lorong serta area toilet sektor pendidikan,” tuturnya.

Kemudian, kemenhub juga mengoptimalkan peran pembimbing akademik serta perwira pembina taruna untuk memberikan pendampingan bagi taruna dalam  aktivitas sehari-hari, baik kegiatan akademik maupun non akademik.

Untuk menambah jera para pelaku kekerasan, akan diberlakukan sanksi tegas yakni dikeluarkan dengan tidak hormat dari pendidikan jika ditemukan adanya taruna yang melakukan tindak kekerasan.

“Kami juga terus berkomitmen untuk melakukan berbagai kebaikan juga menangkap semua masukan dari seluruh kalangan agar kejadian serupa tidak terulang lagi untuk itu kami menyampaikan terima kasih pada seluruh pihak-pihak yang telah memberikan perhatian dan masukan untuk perbaikan kami kedepan,”jelasnya.

Adita mewakili pihaknya, mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya taruna Putu Satria Ananta Ratika, serta berkomitmen untuk terus mendampingi pihak keluarga.(ayu novita)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: