Siapkan Berkas! Rekruitmen CPNS 2024 akan Dibuka Maret, 200 Ribu Fresh Graduate untuk Penempatan di IKN

Siapkan Berkas! Rekruitmen CPNS 2024 akan Dibuka Maret, 200 Ribu Fresh Graduate untuk Penempatan di IKN

Formasi Pendaftaran CPNS 2024--kemendag

FIN.CO.ID- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sebentar lagi akan membuka rekruitmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2024.

Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, rekruitmen tahun ini, dibutuhkan sebanyak 200 ribu formasi  lulusan baru atau fresh graduate untuk ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa Presiden Jokowi menginstruksikan untuk melakukan rekruitmen CPNS fresh graduate sebanyak 200 ribu kuota tahun ini. 

BACA JUGA:

"Kami tadi dapat arahan dari Pak Presiden terkait soal rencana rekrutmen ASN fresh graduate yang jumlahnya lebih dari 200.000, fresh graduate ini terutama untuk pemerintah pusat semuanya untuk (pindah) di IKN," kata Menpan RB Abdullah Azwar Anas Selasa 27 Februari 2024.

Anas menuturkan, kebijakan ini akan diumumkan lebih awal. Hal ini bertujuan agar ASN tidak terkejut ketika nanti dipindah 3-4 tahun lagi.

"Dari sekarang sejak diumumkan dia sudah untuk IKN, sehingga suatu saat apakah tahun depan, dua tahun lagi, tiga tahun lagi mereka pindah ke IKN, mereka mestinya langsung pindah," kata Azwar.

Lebih lanjut, pengumuman pembukaan lowongan seleksi CASN akan disampaikan pada Maret 2024.

BACA JUGA:

"April selesai, April bisa dibuka. Berarti ini jauh lebih cepat biasanya kan September. Ini lebih cepat," ungkapnya.

Meski demikian, ia mengatakan pihaknya masih menunggu laporan dari masing-masing Kementerian Lembaga (KL) mengenai kebutuhan ASN 2024.

“Ini masalahnya kemarin ada beberapa kementerian dan lembaga yang belum menuntaskan. Targetnya sih Maret,” katanya. (*) 

Kontributor: Anisha Aprilia

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: