Arus Mudik Lebaran 2024, Pemudik Mulai Melintas di Jalur Pantura Kudus

Arus Mudik Lebaran 2024, Pemudik Mulai Melintas di Jalur Pantura Kudus

Jalur mudik Jalan Raya Sultan Agung Kota Bekasi dipadati pemudik menggunakan motor -(Tuahta Aldo / fin.co.id)-

FIN.CO.IDArus mudik Lebaran 2024 di jalur pantura timur Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memasuki H-4 Lebaran sudah mulai terlihat. Terutama pemudik yang menggunakan motor maupun mobil pribadi.

"Hasil pantauan hari ini (6 April 2024) memang mulai ramai pemudik ketimbang pada hari sebelumnya, baik yang menggunakan sepeda motor maupun mobil," kata Kepala Pos Terpadu Terminal Induk Jati Kudus Iptu Ngatno di Kudus, Sabtu 6 April 2024.

BACA JUGA:

Ngatno mengatakan, pemudik yang melintas tidak hanya didominasi kendaraan roda empat maupun bus. Tetapi sudah mulai terlihat kendaraan roda dua meskipun belum banyak.

Peningkatan arus mudik Lebaran, kata dia, diprediksi pada H-3 Lebaran karena Sabtu 6 April 2024 tentunya pekerja swasta, baik yang pabrik maupun perkantoran sudah mulai libur. Untuk aparatur sipil negara (ASN), sudah mulai mudik sejak Jumat 5 April 2024 sore.

"Kami ingatkan kepada pemudik untuk tetap waspada di jalan. Jika kelelahan, jangan paksakan terus berkendara, lebih baik berhenti sejenak untuk istirahat atau rest area," ujar Ngatno.

Bagi pemudik yang melintasi Kudus, kata dia, bisa mampir ke posko mudik di depan Terminal Bus Jati Kudus karena tersedia tempat peristirahatan dari tiga instansi Polres Kudus, Kementerian Pekerjaan Umum, dan BPBD Kudus.

Ketiga instansi itu masing-masing menyediakan tempat istirahat, seperti posko yang didirikan Polres Kudus ada empat tempat tidur serta toilet.

Kendaraan luar kota berpelat B dan KB mulai terlihat melintas. Terlihat pula di atas kabin terdapat barang bawaan sebagai salah satu ciri khas kendaraan pemudik.

Pemudik didominasi dari arah Semarang menuju Surabaya, sedangkan dari arah Surabaya menuju Semarang tidak terlalu banyak. Pemudik menggunakan motor juga mulai terlihat yang ditandai dengan pelat nomor luar kota dan membawa barang bawaan yang relatif cukup banyak.

Arus lalu lintas yang melintasi Kudus terlihat lancar meskipun masih terlihat truk bersumbu melintas.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: